Sukses

Aksi Dukung Capres 2024 Rambah Jember, Pendukung Anies dan Erick Thohir Deklarasi

Aksi dukung mendukung calon presiden 2024 bermunculan di Jember. Pendukung Anies Baswedan dan Erick Thohir mulai memanaskan mesin politik menyambut hajatan lima tahunan tersebut.

Liputan6.com, Jember - Aksi dukung mendukung calon presiden 2024 bermunculan di Jember. Pendukung Anies Baswedan dan Erick Thohir mulai memanaskan mesin politik menyambut hajatan lima tahunan tersebut.

Ketua Jaringan Relawan Nasional (Jarnas) Anies Baswedan DPD Jember menyatakan, Anies Baswedan kemungkinan akan menggunakan strategi politik yang berbeda saat maju di Pilpres 2024. Mereka tidak akan mengulang hal yang sudah pernah terjadi dalam Pilgub DKI lalu. 

"Kita akan menonjolkan sisi-sisi nasionalis, religius dan milenial. Kami tidak akan menggunakan politik identitas untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024," ujar Prastiono, Jumat (27/5/2022).

Sebagai organisasi relawan pendukung, Jarnas Anies Baswedan, menurut Prastiono sudah terbentuk di berbagai daerah dan juga di tingkat nasional. Namun deklarasi terbuka baru dilakukan di Jember.

"Setalah ini akan dilakukan di daerah-daerah lain. Untuk deklarasi nasional akan dilakukan mungkin setelah Mas Anies selesai masa jabatan sebagai gubernur (Oktober 2022)," lanjut Prastiono.

Jember dinilai sebagai salah satu daerah yang cukup penting dalam upaya memperkenalkan dan meningkatkan elektabilitas Anies di masyarakat.

"Karena itu, kita sudah menyiapkan, setelah mas Anies tidak jadi gubernur, akan berkunjung ke Jember, " papar Prastiono.

Strategi menghindari politik identitas, selain menjadi cara untuk mengikis citra intoleran, juga menjadi penyesuaian cara bagi figur Anies untuk masuk ke kantong-kantong daerah berbasis NU seperti Jember.

Karena itu, garis keturunan Anies Baswedan sebagai cucu pahlawan nasional Abdurrahman Baswedan, juga akan lebih ditonjolkan.

“Kita akan tonjolkan garis nasab mas Anies yang patut diapresiasi. Kakeknya adalah pejuang nasional dan juga utusan langsung Presiden Soekarno saat itu. Ayahnya juga adalah pendidik,” papar pria yang juga Wakil Ketua Partai Perindo Jember ini.

Selain itu, Tim Jarnas juga juga sudah memetakan tokoh-tokoh nahdliyin di Jember yang akan didekati untuk memperkenalkan sosok Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Relawan Erick Tohir

Relawan Erick Tohir juga melakukan sosialisasi bakal calon presiden. Setidaknya ada dua deklarasi dari dua kelompok berbeda yang digelar di Jember.

Selain relawan pendukung Anies Baswedan, deklarasi serupa juga digelar kelompok perempuan pendukung Erick Tohir. Puluhan perempuan yang menamakan diri Kelompok Pandhalungan Jember (KPJ) menyatakan, tekadnya untuk mendorong sang Menteri BUMN itu untuk menjadi capres 2024.

“Di Indonesia banyak yang berkualitas. Tetapi rasanya kita perlu memberi kesempatan figur milenial yang berkualitas untuk menjadi presiden. Kami lihat, rekam jejaknya yang sudah cukup brilian dalam mengemban amanah sebagai Menteri BUMN.

Berbeda dengan relawan pendukung Anies, kelompok relawan pendukung Erick memiliki struktur dan nama yang berbeda-beda di setiap kabupaten kota. Namun menurut Dahlia, mereka berada dalam koordinasi yang sama di Jawa Timur.

“Setiap kelompok relawan yang ada di kabupaten/kota juga sudah mendapatkan restu dari pak Erick Tohir,” pungkas Dahlia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.