Erick Thohir Berpotensi Didukung Jokowi Jadi Capres 2024 dari Jalur Kabinet

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 17:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Temu Tawa Comedy Sunday, di Luv! Kitchen & Lounge, Surabaya, Minggu,(16/1/2022).
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Temu Tawa Comedy Sunday, di Luv! Kitchen & Lounge, Surabaya, Minggu,(16/1/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpotensi didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai Capres 2024 dari jalur kabinet. Potensi tersebut muncul disebabkan oleh kedekatan antara Jokowi dan Erick Thohir selama ini.

Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) ini melihat, kedekatan dengan Jokowi bisa membuka peluang Erick Thohir diusung oleh PDIP

Pengamat Politik Surokim Abdussalam ikut menyoroti peluang dukungan Jokowi untuk Erick Thohir. Menurutnya kesempatan tersebut mungkin terjadi mengingat Erick Thohir kerap dipercaya memegang proyek-proyek strategis nasional.

“Dari jalur kabinet menurut saya bisa jadi salah satunya jika melihat beban tugas dan kepercayaan pada penugasan selama ini,” tutur Surokim, Kamis (26/5/2022).

Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) ini melihat, kedekatan dengan Jokowi bisa membuka peluang Erick Thohir diusung oleh PDIP. Mengingat, figur Jokowi di partai berlogo banteng dengan moncong putih itu cukup kuat.

“Peluang Erick Thohir untuk bisa merapat ke PDIP menurut saya amat tergantung pada Pak Jokowi,” terang Surokim.


Bisa Meyakinkan

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar Erick Thohir membuktikan sebagai tokoh yang layak dijagokan oleh Jokowi. Dengan cara tersebut, restu dari PDIP bisa saja mendarat ke Erick Thohir.

“Jadi Pak Erick Thohir harus benar-benar bisa meyakinkan untuk menjadi salah satu jagoan Pak Jokowi jika ingin merapat ke PDI-P,” pungkas Surokim.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya