Mudik 2022 Hidupkan UMKM di Desa, Perekonomian Pulih

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2022, 01:55 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 15:12 WIB
H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat
Perbesar
Foto udara memeperlihatkan kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran ini, sejumlah rekayasa lalu lintas masih diberlakukan di ruas tol trans jawa baik sistem contraflow hingga one way guna mengatasi kepadatan lalulintas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua komite Tetap (Komtap) Kadin Indonesia Jaro Ade mengapresiasi langkah pemerintah yang memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini. Menurutnya, masyarakat sudah jenuh akibat pandemi Covid-19.

Dia juga mengapresiasi para pihak terkait yang menjadikan mudik dan arus balik lebaran 2022 berjalan lancar.

Kata Ade, mudik membuat adanya kegiatan ekonomi dan perputaran uang ke desa dari pemudik yang dapat menggairahkan ekonomi dalam upaya membangkitkan ekonomi yang lesu akibat badai pandemi.

"Adanya pergerakan pemudik ke desa tentu memberikan stimulan ekonomi dan membantu menghidupkan geliat usaha kecil dan menengah di desa. Selain itu sektor wisata, hotel dan transportasi juga terbantu sehingga diharapkan bisa memberikan percepatan dalam kebangkitan ekonomi nasional," ujar Jaro Ade, Jumat (20/5/2022).

Jaro Ade juga berharap agar pemerintah bisa melihat kondisi strategis ini dan bisa mendorong dengan cepat langkah strategis lain dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Tentu dengan menggenjot program strategis yang sudah dicanangkan seperti peningkatan infra struktur dan penyediaan serta pengembangan wilayah industri agar bisa menangkap momen ini dan merubah menjadi kekuatan baru untuk bangkit dari sektor ekonomi nasional yang terpuruk saat ini," imbuhnya.

Mengkapitalisasi potensi yang ada dan bergerak cepat dan tepat bersama bangkit baik pemerintah daerah maupun pusat sangat diyakini Jaro Ade mampu dilakukan sebagai bentuk upaya keluar dari krisis yang bisa lebih buruk lagi.

Jaro Ade juga menambahkan dengan penguatan disektor rill dan mikro adalah langkah yang baik sehingga ketahanan ekonomi bisa terbentuk sebagai langkah menuju kekuatan ekonomi nasional.


Covid-19 Terkendali

Jaro Ade (ketiga kanan) saat bersama Menko Luhut Binsar Panjaitan. (Ist)
Perbesar
Jaro Ade (ketiga kanan) saat bersama Menko Luhut Binsar Panjaitan. (Ist)

Periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 telah selesai. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan di tahun ini sebanyak 84 juta masyarakat melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung.

"Alhamdulillah, tahun ini lebih dari 84 juta masyarakat dapat kembali menjalankan mudik di Hari Raya Idul Fitri untuk berlebaran dan berkumpul dengan sanak-saudara tercinta," kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Pemerintah memang mengizinkan masyarakat untuk mudik 2022. Ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang tidak diperkenankan aktivitas mudik karena pandemi Covid-19. Langkah pemerintah mengizinkan mudik ini setelah mempertimbangkan berbagai aspek.

Misalnya pengendalian penyebaran virus corona hingga program vaksinasi Covid-19 untuk booster kedua telah mencapai 61,5 persen. Namun memang, mudik kali ini harus tetap dijalankan dengan protokol keamanan ketat. 

Infografis Klaim Sukses Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Klaim Sukses Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya