Dibuka 25 Juni, Venue Porprov Jatim Belum Ada yang Siap Pakai

Oleh Hermawan Arifianto pada 18 Mei 2022, 23:59 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 23:59 WIB
Ilustrasi Stadion JSG Jember (Istimewa)
Perbesar
Ilustrasi Stadion JSG Jember (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember inspeksi mendadak ke sejumlah venue Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) Juni mendatang.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Jember Tabrani, ada enam venue yang disidak. Hasilnya tidak ada satu pun sarana olahraga yang sudah siap atau mendakati 90 persen untuk digunakan kegiatan Porprov Jatim. Bahkan lokasi StadionJember Sport Graden (JSG) yang akan digunakan untuk pembukaan Porprov Jatim masih 17 persen pengerjaan perbaikanya.

“Ada enam venue yang kami sidak yaitu di Stadion Notohadinegoro, Gedung Olahraga Argopuro, Kolam Renang Kebonagung, dan Stadion Jember Sprot Garden (JSG), GOR PKPSO Kaliwates, dan lapangan tenis Kaliwates, dan semuanya belum selesai," ujarnya, Rabu (18/5/2022).

Kata dia, dari enam lokasi venue paling tinggi hanya 75 persen pengerjaanya. Dan yang menjadi sorotan adalah Stadion JSG yang akan menjadi tempat membukaan Porprov Jatim baru selesai 17 persen.

“Di Stadion JSG pengerjaan lintasan atletiknya belum dikerjakan sama sekali. Pengerjaanya seluruhnya baru 17 persen," tambah Tabrani.

Berdasarkan informasi dari Dinas Cipta Karya, pihak rekanan harus mendatangkan bahan lintasan atletik di Stadion JSG dari luar negeri. Sehingga hal tersebut membutuhkan waktu yang agak lama.

Lintasan atletik yang bahanya harus impor itu merupakan konsekuensi rekanan sehingga itu menjadi tanggung jawab mereka.

"Kami minta seluruh venue harus siap 10 hari sebelum pelaksanaan pembukaan Porprov Jatim,”papar Tabrani.

Tabrani mengatakan seluruh venue  dan sarana prsarana yang mendukung kegiatan Porporv Jatim termasuk jalan menuju venue juga harus bagus karena menjadi petaruhan bagi  Kabupaten Jember sebagai tuan rumah.

“Kami akan memanggil organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersangkutan dan semua rekanan untuk memastikan bahwa mereka sanggup mengerjakan proyek tersebut palimng lambat 10 hari sebelum kegiatan Porprov Jatim dimulai ,”tambahnya

Lambahnya rekanan mengerjakan perbaikan venue juga karena proses lelang yang dilakukan Pemkab Jember juga terlambat. Sehingga pengerjaan proyek sejumlah venue juga molor.


Terus Pantau

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemkiman dan Cipta Krya (PUPR Cipta Karya) Rahman Anda membenarkan bahwa beberapa venue untuk kegiatan Porprov Jatim, masih Belum selesai dikerjakan.

“Hasil pantauan kami di Stadion Notohadinegoro sekitar 35 persen, Gor Argopuro 70 persen, Gor PKPSO sekitar 35 persen, lapangan tenis dan Stadion JSG sekitar 17 persen sehingga kami minta rekanan melakukan percepatan pengerjaan,”ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan pemantauan setiap hari dan evaluasi secara berkala, Sehingga meminta pihak rekanan bisa menyelesaikan pekerjaanya paling lambat pertengaan Juni 2022.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya