Sukses

Ziarah ke Makam Kiai As'ad Situbondo, Mahfud Md Puji Penanganan Covid-19 di Ponpes

Menko Pulhukam Mahfud Md mengapresiasi tentang penanganan COVID-19 di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, yang merupakan salah satu pondok pesantren yang paling aman dari virus corona.

Liputan6.com, Situbondo - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengunjungi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iah Sukorejo di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Dalam kunjungan itu, Menko Pulhokam Mahfud MD juga berziarah ke Makam Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin yang berada di lingkungan PP Salafiyah Syafi'iyah, Situbondo.

Usai ziarah, Mahfud MD silaturahim ke kediaman Pengasuh ke-4 Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo KHR. Achmad Azaim Ibrahimy yang didampingi Wakil Rais Aam PBNU, KH Afifuddin Muhajir, beserta keluarga besar pesantren lainnya.

"Kedatangan saya hanya silaturahim biasa, karena sudah tiga tahun saya tidak ke pesantren ini. Padahal kalau dulu saat menjadi mahasiswa, pengasuhnya waktu itu Kiai As'ad saya sering sowan ke sini," ujar Mahfud MD, dilansir dari Antara, Senin (16/5/2022).

Ia mengapresiasi tentang penanganan COVID-19 di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, yang merupakan salah satu pondok pesantren di Indonesia yang paling aman dari virus corona, yang dalam kurun waktu dua tahun menyerang bangsa Indonesia.

"Saat ini COVID-19 sudah lewat. Dari pandemi, menuju era endemi. Artinya, penyakit ini sudah seperti flu biasa, penanganannya pun juga biasa," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo, Dr. Khoirul Anwar mengemukakan bahwa kunjungan Menko Polhukam Mahfud MD hanya silaturahim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir

Ia mengatakan, sudah menjadi protokol pesantren bahwa setiap tamu yang datang, harus ziarah ke Makam Pahlawan Nasional KHR. As'ad Syamsul Arifin, sebelum sowan ke pengasuh.

"Kunjungan Pak Mahfud kami dapat kabar sehari sebelumnya, dan malam Minggu ada protokol kementerian yang menyampaikan bahwa Mahfud MD hanya mau sowan ke Kiai Azaim. Namun kami arahkan bahwa setiap tamu pesantren, harus ziarah makam terlebih dahulu," tuturnya.

Sehari sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga ziarah ke Makam Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin.

Menteri Erick juga bersilaturahim ke Pengasuh Ke-4 Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo KHR Achmad Azaim Ibrahimy beserta keluarga besar pesantren. Bahkan, Erick Thohir turut bershalawat bersama di halaman Kantor Pusat Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.