Sukses

Layanan Vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi Tetap Buka selama Libur Lebaran

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah keliling ke sejumlah puskesmas dan pos pengamanan (pospam) untuk memastikan kesiapan petugas hingga kelengkapan fasilitasnya.

Liputan6.com, Banyuwangi Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah keliling ke sejumlah puskesmas dan pos pengamanan (pospam) untuk memastikan kesiapan petugas hingga kelengkapan fasilitasnya. Sugirah mengunjungi pos pelayanan kesehatan yang ada di stasiun Kalisetail dan Glenmore, pospam di Kalibaru, serta puskesmas Kalibaru Kulon.

“Alhamdulillah semua titik terpantau siap. Tenaga kesehatan dan fasilitasnya juga lengkap. Tadi kami juga ingatkan kalau seluruh pos pengamanan harus tetap siaga 24 jam selama arus mudik dan balik,” ujar Sugirah. Minggu (1/5/2022)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat menjelaskan, selama libur lebaran, Banyuwangi tetap menyiagakan 25 puskesmas dan 19 pos pam yang tersebar di berbagai wilayah se-Banyuwangi.

Pos itu meliputi, Pos Pam Wongsorejo, Pos Yan Pelabuhan ASDP Ketapang, Pos Pam Licin, Pos Pam Kalibaru, Pos Yan Stasiun Ketapang, Pos Pam Kota, Pos Pam Rogojampi, Pos Pam Cluring, Pos Pam Gambiran, Pos Pam Genteng, Pos Yan GWD, Pos Yan Bandara, Pos Yan Glagah, Pos Yan Songgon, Pos Yan Sempu, Pos Yan Glenmore, Pos Yan Purwoharjo, dan Pos Yan Pulau Merah.

Selain memberikan layanan kesehatan, 25 puskesmas juga melayani vaksinasi Covid-19 bagi warga.

“Layanan vaksinasi di puskesmas dibuka pukul 08.00-12.00,” ucap Amir.

Untuk kepentingan layanan kesehatan selama arus mudik, pemkab menugaskan tim kesehatan di masing-masing pospam yang akan bertugas dalam tiga shift per hari. Para petugas tersebut adalah gabungan dari puskesmas, rumah sakit, serta klinik se-Banyuwangi.

“Per shift terdiri atas 1 dokter dan 2 perawat. Kecuali di wilayah yang mobilitasnya tinggi, minimal 5 petugas per shift-nya Ini berlaku mulai 27 April hingga 7 Mei mendatang,” kata Amir.

Amir menambahkan, selain 25 puskesmas dan 19 pospam tersebut, seluruh rumah sakit pemerintah maupun swasta juga tetap buka selama libur lebaran. Demikian juga UGD di Puskesmas juga tetap buka 24 jam.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.