Sukses

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo Padat

Pelabuhan Jangkar Situbondo, pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah terus dipadati pemudik yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

Liputan6.com, Situbondo - Pelabuhan Jangkar Situbondo, pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, terus dipadati pemudik yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep Madura.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi Wilayah Kerja Situbondo Tri Cahyono mengatakan, penumpang kapal feri mayoritas dari Pulau Bali, dan akan pulang ke kampung halaman, di Pulau Raas, Pulau Sapudi, Pulau Kangean, dan Ķalianget, Kabupaten Sumenep.

"Memang lonjakan penumpang kapal feri rute Jangkar-Raas mendominasi, dan sudah terjadi sejak 28 April 2022. Sementara penumpang rute Jangkar-Sapudi, Jangkar-Kalianget juga terjadi lonjakan, namun tidak seberapa," katanya di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Sabtu (30/4/2022).

Mengenai adanya pemudik yang menginap di aula Pelabuhan Jangkar, menurut dia, bukan terjadi penumpukan, melainkan para pemudik itu tiba di pelabuhan lebih awal dan menunggu jadwal keberangkatan kapal feri ke kepulauan Madura.

"Pemudik yang menginap di aula pelabuhan itu bukan terjadi penumpukan, mereka memang datang lebih awal pada malam hari, sehingga sebagian pemudik menginap di aula dan sebagian juga di penginapan sekitar pelabuhan," ujarnya

Tri Cahyono menambahkan, puncak arus mudik di pelabuhan penyeberangan Jangkar ke kepulauan di Kabupaten Sumenep, diperkirakan akan terus terjadi hingga H-1 Lebaran atau pada Minggu (1/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipastikan Terangkut

"Arus mudik kami prediksi hingga besok, karena masih ada penumpang atau pemudik dari Pulau Bali, dan mereka tinggal menunggu jadwal keberangkatan kapal saja. Kami pastikan semua pemudik terangkut," ujarnya.

Dari pantauan, pada hari ini ratusan orang pemudik tujuan Pulau Sapudi, diangkut Kapal Motor Penumpang (KMP) Satya Kencana, sedangkan pemudik lainnya tujuan Pulau Raas, belum terangkut karena menunggu jadwal keberangkatan kapal feri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.