Sukses

Wisatawan Mulai Padati Pelabuhan Ketapang untuk Libur Lebaran ke Bali

Menurut salah satu penumpang Asal Surabaya Doni, dirinya sengaja memanfaatkan libur Panjang Hari Raya Idul Fitri ini untuk mengajak keluarganya berlibur di Pulau Bali.

Liputan6.com, Banyuwangi - Memasuki libur Panjang Hari Raya Idul Fitri 2022, para wisatawan yang hendak berlibur ke Bali mulai memadati Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Pada H-2 lebaran ini pantauan di lapangan nampak kendaraan yang didominasi roda empat pribadi antre menunggu giliran masuk ke dalam kapal.

Menurut salah satu penumpang Asal Surabaya Doni, dirinya sengaja memanfaatkan libur Panjang Hari Raya Idul Fitri ini untuk mengajak keluarganya berlibur di Pulau Bali. Dia berencana selama satu minggu berlibur di Bali.

“Ini mau berlibur di Bali bersama keluarga mumpung libur panjang. Rencananya sih satu minggu di Bali,”ujar Doni, Sabtu (30/4/2022).

Doni mengaku sempat terjadi antrean di Pelabuhan Ketapang, Namun tetap lancar dan tidak sampai berjam- jam. Kata Doni butuh waktu 20 menit untuk menunggu giliran masuk ke dalam kapal.

“Tadi sempat antre di parkir, karena saya lihat banyak juga yang mau nyeberang ke Bali. Paling nunggu sekitar 20 menitan, tapi tetap lancar,”papar Doni.

Hal yang sama juga diutarakan penumpang lainya Aristiawan asal Jakarta. Kata Aris, meski antre tapi validasi tiket di Pelabuhan Ketapang sangat baik sehinggi tetap lancar hingga masuk kapal.

“Tadi sempat antre nungu giliaran masuk kapal ya, paling kurang lebih sekitar 30-an menit gitu. validasi tiket masuk juga bagus dan lancar sehingga tidak ada antrean panjang untuk masuk ke pelabuhan,”tambah Aris.

Kata Aris, pihaknya berancana akan belibur ke Bali Bersama keluarga memanfaatkan momen libur panjang lebaran ini.

“Ini memang rencana liburan ke Bali ya Paling 4 sampai 5 harian gitu lah di Bali. Mumpung pas libur kerja,”cetus Aris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Mayoritas Wisatawan

Sementara Itu Manajer usaha PT ASDP Ketapang Banyuwangi Marsadik membenarkan, adanya peningkatan penumpang dari Pelabuhan Ketapang menuju Pulau Bali. Kata dia, penumpang dari Pelabuhan Ketapang ini mayoritas adalah para wisatawan yang hendak berlibur ke Bali.

“Benar ada peningkatan volume penumpang sejak kemarin dari Pelabuhan Ketapang. Kendaraan yang memadati Pelabuhan Ketapang ini didominasi roda empat pribadi. Mereka Sebagian besar adalah para wisatawan yang menanfaatkan libur panjang ini untuk berlibur ke Bali.

Kata Marsadik, untuk kapal yang dioperasikan untuk mengakut penumpang ini ada 28 unit. Namun untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang, pihaknya telah mempercepat bongkar muat kapal.

“Kalau untuk kapal kita tetap ada 28 unit yang beroperasi karena kita lihat masih mencukupi untuk mengangkut penumpang. Agar tidak terjadi penumpukan kita percepat waktu bongkar muat kapal. Sistemnya jika muatan penuh langsung kapal diberangaktkan, estimasi kita 28 menit,”papar Marsadik.

Sementara itu, sedangkan untuk kendatangan penumpang dari Pelabuhan Gilimank, Bali pada H-2 lebaran ini, masih cukup padat. Kendaraan di dominasi roda dua dan kendaraan roda empat pribadi.

“Untuk kedatangan penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali hingga hari ini masih cukup padat. Kendaraan didominasi roda dua dan empat pribadi,” Ujar Marasdik.

Diperkirkan lonjakan penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali terjadi hingga H-1 lebaran. “Kita perkirkan sampai H-1 lebaran kedatangan penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali masih ramai,”pungkas Marsadik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.