Sukses

Bandeng 18 Kg Jadi Pemenang Kontes Tahunan di Gresik 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi warganya yang masih mempunyai minat tinggi menjaga tradisi daerah dengan mengikuti kontes bandeng.

Liputan6.com, Gresik - Bandeng hasil budi daya seberat 18,04 kg menjadi penemang kontes bandeng yang digelar setidak akhir Ramadan di Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi warganya yang masih mempunyai minat tinggi menjaga tradisi daerah dengan mengikuti kontes bandeng.

Bandeng jumbo milik Syaifullah Mahdi itu juga dinobatkan sebagai juara satu kontes bandeng tahun 2022 yang digelar bersamaan tradisi pasar bandeng di Alun-alun Gresik.

"Karena bandengnya luar biasa dari tahun ke tahun. Sebelumnya, kami tambahkan umrah hadiahnya untuk masing-masing juara satu, dua, tiga dan harapan satu ya," kata Gus Yani, panggilan akrab Fandi Akhmad Yani, Jumat (29/4/2022), dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, tradisi kontes tahunan yang dirangkum dalam pasar bandeng itu bertujuan untuk menguatkan semangat budi daya bandeng oleh petambak di Gresik.

Tradisi itu merupakan turunan dari Sunan Giri yang konon dulu berniat mengembangkan ekonomi setempat, dan melihat potensi wilayah itu memiliki pertambakan luas, lalu dibuatlah tradisi Pasar Bandeng di akhir Ramadhan, atau mendekati Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah Rp 15 Juta

Sementara itu, dalam kontes bandeng tahun 2022, juara satu mendapatkan hadiah uang senilai Rp15 juta, peringkat kedua Rp10 juta, sementara peringkat ketiga Rp5 juta.

Bandeng peringkat kedua memiliki berat 8,7 kilogram dan panjang 78 centimeter milik Rozikin asal Ujungpangkah.

Sedangkan bandeng peringkat ketiga milik M. Sobih Al Muayyad asal Mengare yang memiliki berat 8,1 kilogram dan panjang 74 centimeter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.