Sukses

Layanan Vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi Tetap Buka di Hari Libur Lebaran

Sebanyak 25 puskesmas yang membuka layanan vaksinasi tersebar di seluruh kecamatan di Banyuwangi. Kecamatan yang memiliki dua puskesmas atau lebih, hanya satu puskesmas yang membuka layanan, sedangkan puskesmas lainnya membantu.

Liputan6.com, Banyuwangi - Program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tetap berjalan selama masa libur Lebaran 2022. Sebanyak 25 puskesmas dan 19 pos pengamanan di kabupaten setempat disiagakan untuk layani pemudik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan, 25 pusekesmas akan melayani vaksinasi dosis 1 dan 2 maupun vaksin penguat atau booster.

"Selain membuka layanan kesehatan, 25 puskesmas tetap memberikan layanan vaksinasi, baik dosis 1 dan 2 maupun booster. Karena itu, masyarakat dan pemudik silakan memanfaatkan layanan ini," ujar Amir di Banyuwangi dilansir dari Antara Kamis (28/4/2022).

Sebanyak 25 puskesmas yang membuka layanan vaksinasi tersebar di seluruh kecamatan di Banyuwangi. Kecamatan yang memiliki dua puskesmas atau lebih, hanya satu puskesmas yang membuka layanan, sedangkan puskesmas lainnya membantu.

"Misalnya, di Banyuwangi kota, Puskesmas Sobo yang buka, sementara tenaga medis dari puskesmas lainnya membantu," ujarnya.

Selain di puskesmas, lanjut dia, satgas juga memberikan layanan vaksinasi di gerai yang ada di pos pengamanan dan pos pelayanan mudik Lebaran.

"Untuk vaksinasi di pos pengamanan dan pelayanan mudik Lebaran, kami bersinergi dengan TNI dan Polri. Selain vaksinasi, kami juga akan menyediakan tes COVID-19 dengan antigen bagi yang membutuhkan," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Mana Saja?

Total terdapat 19 gerai layanan vaksinasi, di 8 Pos Pengamanan dan 11 Pos Pelayanan yang disiapkan di sepanjang jalur arus mudik Lebaran tahun ini.

Pospam dan Posyan ada di 19 titik, di antaranya, di antaranya, Pospam Wongsorejo, Posyan Pelabuhan ASDP Ketapang, Pospam Licin, Pospam Kalibaru, Posyan Stasiun Ketapang, dan Pospam Kota

Selanutnya ada di Pospam Rogojampi, Pospam Cluring, Pospam Gambiran, Pospam Genteng, Posyan GWD, Posyan Bandara, Posyan Glagah, Posyan Songgon, Posyan Sempu, Posyan Glenmore, Posyan Purwoharjo dan Posyan Pulau Merah.

"Vaksin menjadi syarat perjalanan, sehingga dengan layanan ini harapan kami bisa memudahkan masyarakat untuk mudik," kata Amir.

Selain melakukan layanan vaksinasi, 25 puskesmas tersebut juga membuka layanan kesehatan seperti biasa. Puskesmas tetap buka seperti biasa. Demikian juga UGD di puskesmas juga tetap buka 24 jam," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.