Sukses

Ada Layanan Vaksinasi Booster dan Tes Antigen Gratis di Pos Stasiun Baru Malang

Calon penumpang kereta api di Stasiun Baru Malang bakal dilayani vaksinasi booster maupun tes antigen selama 24 jam di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2022

Liputan6.com, Malang - Calon pemudik yang menggunakan transportasi kereta api di Stasiun Baru Malang tak perlu bingung bila ingin mendapat vaksin booster maupun tes antigen. Sebab ada pos pelayanan dengan pemeriksaan kesehatan penuh yang bisa dimanfaatkan.  

Pos Pelayanan (Posyan) Polresta Malang Kota didirikan di sebelah Taman Trunojoyo, depan Stasiun Baru Malang. Pos ini melayani vaksinasi booster maupun tes antigen untuk calon pemudik selama arus mudik hingga arus balik sejak Kamis 28 April sampai 9 Mei 2022.

Tenaga kesehatan di Posyan Stasiun Baru, Agustin, mengatakan pos melayani pemeriksaan kesehatan selama 24 jam dengan petugas kesehatan berjaga secara bergilir. Warga bisa suntuk vaksin booster maupun tes antigen sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

“Bagi calon penumpang kereta api yang belum sempat vaksin booster, bisa ke pos ini. Kalau mau tes antigen juga bisa, gratis,” kata Agustin di Malang, Kamis (28/4/2022).

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Janti, Dinas Kesehatan Kota Malang ini menjelaskan, di hari pertama pos pelayanan dibuka pada Kamis pagi sampai petang, ada 53 orang memanfaatkan layanan. Terdiri dari 27 orang suntik vaksin booster dan 26 orang tes antigen.

Mobil ambulans turut berjaga membantu pelayanan di posyan tersebut. Bila hasil tes antigen menunjukkan positif, secara prosedur pasien diarahkan menjalani isolasi di RS Lapangan Ijen. Bisa juga diantar ke rumah bila memilih isolasi mandiri.

“Itu prosedur penanganan yang kami berlakukan ke calon penumpang setelah menjalani tes antigen bila hasilnya positif,” kata Agustin.

Stok vaksin dan tes antigen disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Posyan Stasiun Baru Malang selalu berkoordinasi dengan otoritas kereta api. Calon pemudik bisa memperoleh vaksin booster dan tes antigen sebagai syarat perjalanan mudik lebaran 2022 di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faskes Buka Selama Lebaran

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan posyan di Stasiun Baru Malang merupakan satu-satunya posyan yang dilengkapi pemeriksaan kesehatan, vaksinasi booster sampai tes antigen ke calon pemudik.

“Jumlah vaksin maupun tes antigen menyesuaikan, bisa evaluasi setiap harinya,” kata Husnul.

Di posyan Stasiun Baru selalu ada tenaga medis, tenaga input data dan sopir ambulans yang siap siaga selama 24 jam ke masyarakat. Mereka dari fasilitas kesehatan (faskes) puskesmas, bertugas secara bergiliran dalam tiga shift waktu berbeda bersama personel Polresta Malang Kota.

Husnul menambahkan, ada satu lagi posyan yang menyediakan pemeriksaan kesehatan lengkap yakni di Terminal Arjosari Malang. Tapi di pos ini langsung berada di bawah kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Kalau di terminal bukan berada di bawah pengawasan kami,” tuturnya.

Selain itu, ia juga memastikan sebanyak 16 puskesmas di Kota Malang tetap memberikan layanan ke masyarakat selama lebaran 2022 ini. Seluruh faskes itu tetap bersiaga untuk penanganan medis maupun memberikan layanan vaksinasi ke warga.

“Semua faskes tetap siap memberikan pelayanan ke masyarakat saat lebaran nanti,” ucap Husnul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.