Sukses

Bandara Abdul Rachman Saleh Malang Tambah Jadwal Penerbangan Jelang Lebaran

Purwo Cahyo Widhiatmoko mengatakan bahwa penambahan jadwal penerbangan dilakukan oleh maskapai Citilink untuk tujuan Malang-Jakarta.

Liputan6.com, Malang - Pengelola Bandara Abdul Rachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menambah jadwal penerbangan seiring adanya peningkatan jumlah penumpang dalam masa angkutan Lebaran 2022.

Kasi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat UPT Bandara Abdul Rachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko mengatakan bahwa penambahan jadwal penerbangan dilakukan oleh maskapai Citilink untuk tujuan Malang-Jakarta.

"Kemarin, kami sudah mendapatkan surat dari Citilink, tentang permohonan ekstra flight menjelang angkutan Lebaran," kata Purwo di Kabupaten Malang, Senin (25/4/2022), dilansir dari Antara.

Purwo menjelaskan permohonan tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Namun, penambahan jadwal penerbangan itu tidak dilakukan setiap hari selama mudik Lebaran 2022 dan hanya pada hari-harit tertentu saja.

Maskapai Citilink menambah jadwal penerbangan satu kali dalam sehari untuk tujuan Malang-Jakarta dari bandara yang terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang itu yakni pada24, 25, 28, 29, 30 April dan 1, 5, 6, 7, 8, 9, 10 Mei 2022.

"Sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Tapi tidak setiap hari," katanya.

Saat ini di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang tersedia empat jadwal penerbangan reguler untuk tujuan Malang-Jakarta dan sebaliknya. Penerbangan itu dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia satu kali, Citilink satu kali, dan Batik Air dua kali dalam sehari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Garuda

Untuk penerbangan yang dilayani oleh Garuda Indonesia tidak dilakukan secara rutin setiap hari dan hanya dilakukan pada Rabu dan Sabut saja. Namun, diperkirakan layanan penerbangan itu ke depan akan dilakukan setiap hari seiring bertambahnya jumlah penumpang.

"Jadi total empat reguler dan tambah satu kali. Jadi total lima. Itu rencana penerbangan untuk antisipasi angkutan Lebaran," katanya.

Tercatat, di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, tingkat keterisian pesawat yang datang maupun yang berangkat tercatat cukup baik pada Ramadhan kali ini, yakni pada kisaran angka 85-95 persen.

Tercatat, jumlah penumpang yang datang di bandara tersebut pada awal Ramadhan sebanyak 227 orang dan 328 orang berangkat menuju Jakarta. Pada pekan lalu, jumlah penumpang yang datang mencapai 550 orang dan 539 orang meninggalkan wilayah Malang Raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.