Sukses

Trip Kapal Feri di Pelabuhan Jangkar Situbondo Ditambah Mulai H-7 Lebaran

Menurut dia, pada hari-hari biasa kapal feri rute Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas, Sapudi dan Kalianget, Sumenep, hanya satu trip pelayaran.

Liputan6.com, Situbondo - Jelang arus mudik Lebaran 2022, Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur menambah layanan kapal feri menuju sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep, yaitu Pulau Kalianget, Pulau Sapudi, dan Pulau Raas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Tulus Priatmadji mengatakan bahwa mudik 2022 telah rapat koordinasi dengan menambah trip pelayaran kapal feri. Harapannya tidak terjadi penumpukan calon penumpang di Pelabuhan Jangkar.

"Angkutan mudik pelabuhan penyeberangan Situbondo ke Madura, pada tahun ini kami siapkan kapal feri hingga penambahan trip penyeberangan untuk mengangkut pemudik," ujarnya di Situbondo, Selasa (19/4/2022), dilansir dari Antara.

Menurut dia, pada hari-hari biasa kapal feri rute Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas, Sapudi dan Kalianget, Sumenep, hanya satu trip pelayaran.

Namun, mulai mulai H-7 Lebaran 2022, tepatnya tanggal 24 April 2022, menambah trip pelayaran kapal feri untuk mengantisipasi penumpukan penumpang yang akan mudik ke kepulauan di Madura.

Kendati telah ditambah trip pelayaran kapal, Tulus mengimbau kepada calon pemudik dari Bali menuju Kabupaten Sumenep, Madura, agar melakukan mudik lebih awal, untuk menghindari penumpukan penumpang yang rawan terjadi mulai H-6 Lebaran.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Lebih Awal

Pemudik diimbau agar melakukan perjalanan lebih awal. "Kami tetap imbau pemudik dari Bali menuju kepulauan Madura, agar melakukan mudik awal, mengingat setiap tahun arus mudik selalu penuh," katanya.

Tulus menambahkan, Pelabuhan Jangkar Situbondo merupakan akses penyeberangan bagi warga kepulauan Madura. Karena mayoritas mereka bekerja di Pulau Bali serta di beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa.

"Biasanya, pada saat arus mudik Lebaran, Pelabuhan Jangkar Situbondo akan dipenuhi calon pemudik," katanya.

Dari pantauan, sejak beberapa hari terakhir penumpang kapal feri rute Jangkar ke kepulauan Madura, terus mengalami peningkatan. Sebagian besar penumpang merupakan warga Pulau Sapudi dan Pulau Raas yang memilih mudik lebih awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.