Sukses

BI Kediri Sediakan Rp4,28 Triliun Uang Pecahan Baru, Begini Cara Tukarnya

Selain melibatkan perbankan, BI Kediri juga melayani penukaran uang secara keliling. Jadwal layanan kas keliling hanya dua kali, yakni pada 21 April 2022 di Pasar Setonobetek dan 28 April 2022 di Pasar Bandar.

Liputan6.com, Kediri - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Jawa Timur, menyediakan uang pecahan baru senilai Rp4,28 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri M. Choirur Rofiq mengatakan uang pecahan baru itu akan didistribusikan ke wilayah kerja BI Kediri.

"Jadi, mengantisipasi kebutuhan uang kartal pads bulan Ramadhan dan puncaknya Hari Raya Idul Fitri 2022. Ketersediaan ini tentunya pendistribusiannya untuk kebutuhan di wilayah kerja BI Kediri, eks-Keresidenan Kediri dan Madiun," kata M. Choirur Rofiq di Kediri, Minggu (17/4/2022), dilansir dari Antara.

Choirur Rofiq dalam acara buka bersama di Kediri mengatakan untuk pendistribusian uang itu juga dibantu oleh perbankan. Sebanyak 70 perbankan yang ditunjuk untuk membantu penukaran uang baru bagi masyarakat.

Selain melibatkan perbankan, BI Kediri juga melayani penukaran uang secara keliling. Jadwal layanan kas keliling hanya dua kali, yakni pada 21 April 2022 di Pasar Setonobetek dan 28 April 2022 di Pasar Bandar.

Jumlah untuk penukar di layanan kas keliling juga dibatasi, satu titik hanya 100 penukar. Masyarakat bisa menukar uang pecahan baru Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Masing-masing satu bendel sehingga per paket maksimal Rp3,8 juta untuk satu KTP.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Dulu

Masyarakat dapat mengakses https://pintar.bi.go.id sebelum datang ke lokasi, sebelum menukar uang dalam layanan kas keliling itu. Aplikasi itu dapat diakses mulai H-7 dari jadwal penukaran dan ditutup sampai dengan kuota terpenuhi 100 paket.

Sedangkan untuk layanan penukaran di 70 titik perbankan wilayah eks-Keresidenan Kediri dan Madiun, baik bank BUMN maupun swasta, jadwal penukaran sesuai kebijakan masing-masing bank yang dilakukan antara tanggal 4 hingga 28 April 2022.

"Kas keliling sementara dua kali dan kami batasi. Tentunya ini masih PPKM. Masyarakat yang mau menukar uang isi aplikasi setelah mengisi dan kami buka, harus menunjukkan KTP. Namun, kami juga dibantu 70 perbankan itu, yang merupakan bank kami tunjuk untuk melakukan penukaran uang baru," kata dia.

Choirur juga meminta masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu dengan mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah melalui metode 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang, serta cinta, bangga, dan paham (CBP) rupiah dengan 5 Jangan, yakni jangan dilipat, jangan diremas, jangan dicoret, jangan dibasahi, dan jangan disteples.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.