Sukses

Senat Tetapkan 6 Bakal Calon Rektor UB Malang 2022 - 2027, Ini Profilnya

Enam bakal calon Rektor UB Malang itu masih harus paparan visi misi sebagai tahap penyaringan menjadi tiga calon rektor

Liputan6.com, Malang - Senat Akademik Universitas Brawijaya (UB) Malang menetapkan enam bakal calon rektor lewat sidang pleno pada Selasa ini. Keenamnya akan saling bersaing melalui berbagai tahapan hingga terpilih sebagai rektor periode 2022 – 2027.

Ketua Senat Akademik UB Malang, Prof. Dr. Ir. Arifin, M.S., mengatakan keenam pendaftar dinyatakan lolos tes administrasi dan kesehatan. Setelah tahapan itu barulah senat menetapkan keenam pendaftar itu sebagai bakal calon rektor.

"Hari ini kami dari senat akademik universitas mensahkan enam pendaftar sebagai bakal calon melalui sidang pleno," kata Arifin di Malang, Selasa, 12 April 2022.

Keenam bakal calon Rektor UB Malang itu adalah Prof. Dr. Marjono,M.Phil, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak, Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc, Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA.,Ph.D, serta Prof. Candra Fajri Ananda, SE.,MSc.,Ph.D,

Berdasarkan jadwal yang telah disusun, para bakal calon itu akan menjalani tahap pemaparan visi dan misi pada 19 April mendatang. Mereka menjabarkannya dihadapan senat akademik universitas melalui rapat pleno.

Tahap berikutnya, dari paparan visi misi itu akan disaring dari enam bakal calon menjadi tiga calon rektor saja pada 21 April. Selanjutnya, tiga nama calon rektor akan diserahkan ke Majelis Wali Amanat (MAW) UB Malang sesuai peraturan yang sudah ditetapkan.

“Pemilihan dari enam bakal calon menjadi tiga calon rektor itu peraturan yang sudah ditetapkan MWA. Kami di senat hanya menjalankan itu,” ujar Arifin.

Setelah terpilih tiga calon rektor UB Malang, akan ada satu tahap lanjutan lagi. Yakni paparan visi misi di depan 17 anggota MWA yang terdiri dari Mendikbud dan Ristek, perwakilan anggota masyarakat, perwakilan mahasiswa, perwakilan alumni, dan perwakilan tenaga pendidik.

"Tiga calon rektor akan disaring menjadi satu yang nanti akan ditetapkan oleh MWA sebagai calon rektor," Arifin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil 6 Bacarek UB Malang

UB Malang menggelar Pemilihan Rektor Periode 2022-2027. Tahap awal dibuka pendaftaran pada 30 Maret – 5 April 2022 lalu. Hingga batas akhir, enam orang itulah yang maju mendaftarkan diri. Lalu menjalani tes administrasi dan kesehatan hingga ditetapkan sebagai bakal calon rektor.

Keenam orang itu seluruhnya berasal dari internal UB Malang dengan rekam jejaknya merupakan mantan dekan. Profil keenam bakal calon rektor merujuk pada jabatan yang sebelumnya pernah diemban itu adalah itu sebagai berikut :

Prof. Dr. Marjono,M.Phil merupakan mantan Direktur Pascasarjana dan mantan dekan FMIPA UB.

Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP kini menjabat Dekan FTP.

Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si.,Ak menjabat Dekan Fakultas Vokasi dan sebelumnya pernah menjabat Dekan FISIP.

Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc kini tercatat sebagai Dekan Fakultas MIPA.

Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA.,Ph.D jabatannya sekarang Dekan FIA

Prof. Candra Fajri Ananda, SE.,MSc.,Ph.D merupakan mantan Dekan FEB UB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.