Sukses

Pasien Covid-19 di Madura Sisa 19 Pasien, Sumenep Nihil

Ia menilai, tidak adanya kasus aktif baru Covid-19 di Sumenep itu, karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah penyebaran corona sudah meningkat.

Liputan6.com, Sumenep - Kasus aktif Covid-19 di Pulau Madura terus berkurang. Jumlah total kasus aktif yang kini menjalani   perawatan menyisakan 19 orang.

Berdasarkan data yang dirilis dinas kesehatan (dinkes) di empat kabupaten di Madura, Jawa Timur, per 9 April 2022, ke 19 pasien Covid-19 meliputi, Bangkalan sebanyak empat orang, Sampang delapan orang, Pamekasan tujuh orang, dan Sumenep nihil.

"Kalau di Sumenep sudah sejak pekan lalu nihil kasus aktif. Semoga tidak ada tambahan baru lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono, Minggu (10/4/2022), dikutip dari Antara.

Ia menilai, tidak adanya kasus aktif baru Covid-19 di Sumenep itu, karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah penyebaran corona sudah meningkat.

Disamping itu, kini sudah banyak warga yang telah divaksin Covid-19, bahkan cakupan vaksinasi di Sumenep lebih tinggi dibanding Kabupaten Pamekasan dan Bangkalan.

"Tapi meski cakupan vaksinasi tinggi, tim Satgas Covid-19 di Sumenep hingga kini terus gencar melakukan razia, karena tidak ingin ada ledakan kembali. Jadi, kewaspadaan tetap ditingkatkan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turun Drastis

Pada 5 April 2022, jumlah kasus aktif Covid-19 di Pulau Madura, tercatat sebanyak 26 orang dengan jumlah kasus aktif terbanyak kala di Kabupaten Sampang, yakni 15 orang.

"Alhamdulillah pekan ini turun drastis. Tapi kami berharap masyarakat tetap waspada, tetap disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan," kata Bupati Sampang Slamet Junaidi, Ahad malam.

Bupati menyatakan, keberhasilan Kabupaten Sampang menekan kasus aktif Covid-19 itu tidak lepas dari peran aktif semua pihak, terutama para tokoh informal berpengaruh, seperti tokoh masyarakat, tokoh ulama dan organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Sampang.

Sebagaimana di Kabupaten Sumenep, razia tentang penegakan disiplin protokol kesehatan di Kabupaten Sampang terus digelar oleh tim gabungan dari unsur polisi, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.