Sukses

E-Payment ala Sidoarjo Ini Ganti Nama Jadi SpeedCash, Begini Alasannya

Bagus menceritakan, pada 23 Mei 2017 BebasBayar memiliki lisensi uang elektronik dengan mengusung brand SpeedCash sebagai payung hukum atas seluruh kegiatan transaksional.

Liputan6.com, Sidoarjo - Aplikasi pembayaran eketronik (e-payment) besutan arek Sidoarjo BebasBayar kini berubah nama menjadi SpeedCash. 

"Rebranding BebasBayar ke speedcash merupakan tonggak sejarah baru untuk lebih mengabdi kepada masyarakat sebagai satu-satunya aplikasi uang elektronik yang 100 persen modal dalam negeri," ujar Vice President SpeedCash Bagus Cahyono, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan BebasBayar seperti halnya dalam pembayaran PLN, PDAM, BPJS pembelian pulsa, voucher game dan lain sebagainya juga bisa dilakukan dengan SpeedCash.

"Jadi cukup dari handphone tidak perlu datang ke minimarket ataupun ke loket-loket sekitar, masyarakat lebih dimudahkan," ucap Bagus.

Bagus menceritakan, pada 23 Mei 2017 BebasBayar memiliki lisensi uang elektronik dengan mengusung brand SpeedCash sebagai payung hukum atas seluruh kegiatan transaksional. Sehingga uang elektronik SpeedCash sebagai sumber dana dalam setiap transaksi dan sepenuhnya diawasi oleh Bank Indonesia.

"Awal tahun 2022 ini jumlah pengguna BebasBayar 2.8 Juta dan mendapatkan penghargaan Top 1 Transaksi QRIS dari PT Jalin sebagai partner resmi dari Bank Indonesia," ujarnya.

SpeedCash menjadi uang elektronik pertama yang menerapkan pembayaran QRIS TTM (Tanpa Tatap Muka) yang memungkinkan merchant mengirimkan QRIS melalui aplikasi chatting ke customer.

"Kemudian cukup dibagikan atau share ke aplikasi SpeedCash, lalu masukkan PIN maka pembayaran QRIS TTM sukses secara Real Time. Tidak harus dengan melakukan scan QRIS Merchant tujuan," ucap Bagus.

Selain itu QRIS TTS (Tarik - Transfer - Setor) memungkinkan pengguna uang elektronik SpeedCash untuk melakukan Tarik Transfer Setor antar pengguna, ATM, gerai retail dan media lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembayaran

"kemudian memiliki ribuan produk sekaligus diantaranya: transfer bank, pembelian pulsa, voucher game, pembayaran tagihan sampai dengan tiket pesawat dan tiket kereta api. Selanjutnya akan terus ditambahkan produk-produk micro bill lainnya," ujar Bagus.

Dengan SpeedCash, lanjut Bagus, pengguna dapat melakukan pembayaran di berbagai aplikasi, berbagai channel payment gateway, e-commerce yang tersebar luas di seluruh Indonesia sampai dengan kemenkeu (PPN, PPH, SPT dll) dan juga lembaga pemerintahan lainnya.

"Dengan langkah rebranding BebasBayar ke SpeedCash akan terus menghadirkan inovasi baru untuk terus memberikan kemudahan dalam bidang elektronik payment bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dan turut serta dalam mendukung program digitalisasi pemerintah melalui Bank Indonesia," ucap Bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.