Sukses

Temuan Gelas di Perut Pria Jember Bikin Geger, Begini Penjelasan Medisnya

Temuan gelas kaca didalam perut pria di Kabupaten Jember, sempat membuat heboh masyarakat. Sebab jika dipikir hampir mustahil benda tersebut tiba- tiba bersarang di perut orang.

Liputan6.com, Jember - Nur Lasiadi, pria asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro, Jember, membuat menghebohkan warga. Pasalnya di dalam perutnya ditemukan gelas kaca yang bagian bibir gelasnya telah pecah.

Temuan gelas kaca di dalam perut pria di Jember, sempat membuat heboh masyarakat. Sebab jika dipikir hampir mustahil benda tersebut tiba-tiba bersarang di perut orang.

Juru Bicara Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung Jember Doddy Radhi mengatakan, awalnya pasien mengeluh tidak bisa berjalan dan duduk. Pasien merasakan sakit yang luar biasa Ketika aktivitas itu dilakukan.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan hingga uji laboratorium hasilnya normal. Penyebab baru diketahui setelah pasien foto rontgen. Terlihat ada benda seperti gelas di area pinggul,” ujar Doddy Radhi, Kamis (7/4/2022).

Tim dokter memutuskan untuk mengambil tindakan operasi. Awalnya rencana pembedahan dari depan atau operasi besar. Namun Tindakan itu urung dilakukan. Pertimbanganya benda menyerupai gelas itu lebih dekat pada anus.

“Sehingga operasi diputuskan dari area rectum. Proses operasi berlangsung hingga dua jam," tambah Doddy.

Karena operasi dilakukan lewat area belakang maka anastesi yang diberikan juga regional. Yakni dari pinggul ke bawah. Sementara operasinya dilakukan dengan sayatan lubang rektal atau anus agar lebih besar.

“Begitu lebih besar dan tampak gelasnya, kemudian dokter menarik benda tersebut dari tubuh pasien. Di bagian dalam ada luka lecet-lecet,” tambah Doddy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alami Gangguan Jiwa

Sementara itu, keterangan dari  dokter yang  merawat, ada kemungkinan pasien tersebut mengalami reterdasi mental atau gangguan jiwa. Sebab saat dimintai keterangan penyebab masuknya gelas itu ke dalam tubuh pasien tidak ada jawaban pasti.

“Tapi harus dipastikan lagi dengan diagnosis dokter spesialis kejiwaan, karena di sini tidak ada,”papar Doddy.

Meski  tidak diketahui secara gamblang, namun jika melihat metode  operasi yang dilakukan, dugaan gelas itu masuk melalui anus. Tidak ditelan  lewat oral.

“Namun hingga kini masih belum diketahui bagaimana gelas itu bisa masuk ke dalam tubuh pasien. Apakah sengaja dimasukkan atau tidak. Entah itu dilakukan oleh pasien sendiri atau orang lain,”kata Doddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.