Sukses

BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp4,98 Triliun untuk Lebaran 2022

Penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makro ekonomi terkini dan geliat pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang melandai.

Liputan6.com, Jember - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember menyiapkan Rp4,98 triliun, untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Yukon Afrinaldo, jumlah tersebut meningkat sebesar 61,16 persen dibandingkan tahun lalu sebesar Rp3 triliun dan jumlah tersebut termasuk Rp2,5 triliun uang siap edar yang dititipkan Kantor Pusat BI di Khazanah BI Jember.

“Kami telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,98 triliun dengan komposisi Rp 4,56 triliun uang pecahan besar, dan Rp 420 miliar uang pecahan kecil,”ujar Yukon Afrinaldo, Rabu, (6/4/2022).

Kata dia, penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makro ekonomi terkini dan geliat pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang melandai.

Kendati demikian, kebutuhan uang tunai periode Ramadhan 2022 diperkirakan sebesar Rp1,14 triliun atau menurun 47,84 persen dari data tahun sebelumnya sebesar Rp2,18 triliun.

“Itu karena optimalnya transaksi uang kartal antarbank (Tukab) atau mekanisme  pemenuhan  uang tunai suatu bank dengan mendahulukan sumber pemenuhan dari bank lain sebelum penarikan di Bank Indonesia,”paparnya.

Wilayah kerja Bank Indonesia Jember meliputi lima kabupaten, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Implementasi Mesin ATM

Yukon menjelaskan, implementasi mesin ATM setor tarik tunai atau cash recycling machine (CRSM di beberapa bank juga turut mempengaruhi penurunan  proyeksi kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan 2022.

"Bank Indonesia telah memastikan kecukupan dan ketersediaan uang tunai secara nasional untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443H,” Pungkas Yukon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.