Sukses

Ramadan Berkah Pengusaha Cincau di Kota Malang, Pesanan Naik 7 Kali Lipat

Salah seorang pengusaha cincau di Kota Malang, Hariyati (37), mengatakan memasuki Ramadan, pesanan cincau naik hingga tujuh kali lipat.

Liputan6.com, Malang - Pengusaha cincau di Kota Malang menangguk rezeki di bulan Ramadan. Omzet mereka meningkat seiring dengan naiknya permintaan masyarakat atas produk agar-agar tradisional tersebut.

Salah seorang pengusaha cincau di Kota Malang, Hariyati (37), mengatakan memasuki Ramadan, pesanan cincau naik hingga tujuh kali lipat.

"Memang ada peningkatan, karena orang biasanya tidak membeli tapi pada saat Ramadan membelinya untuk buka puasa," kata Hariyati, Senin (4/4/2022), dikutip dari Antara.

Sebelum Ramadan, pesanan cincau pada usaha yang telah digeluti oleh keluarganya sejak 1964 tersebut berkisar antara 25-30 kotak ukuran sedang per harinya.

Namun, memasuki awal Ramadan kali ini, rumah produksi cincau milik Hariyati bisa memproduksi kurang lebih hingga 200 kotak cincau per hari. Tingginya permintaan cincau tersebut, disebabkan cincau merupakan salah satu menu favorit untuk berbuka puasa.

"Biasanya hanya 30 kotak per hari, sekarang mencapai 200 kotak per hari, harganya Rp50.000 per kotak. Memang omzet meningkat saat Ramadhan," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya peningkatan permintaan cincau hitam produksi rumahan tersebut, maka ia juga harus menambah pekerja untuk meningkatkan kapasitas produksi. Pada Ramadhan kali ini, ada empat pekerja baru yang membantu proses pembuatan cincau itu.

"Saya harus menambah beberapa pekerja untuk membantu memenuhi permintaan pasar," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tidak Naik

Jika melihat pada kondisi sebelumnya, Ia memperkirakan permintaan cincau akan terus mengalami peningkatan hingga satu minggu sebelum perayaan Idul Fitri. Biasanya, pada waktu tersebut permintaan cincau sudah mulai mengalami penurunan.

Ia menambahkan, harga cincau buatannya tersebut tidak naik pada Ramadan kali ini. Hal itu disebabkan pasokan bahan baku yang mayoritas berasal dari Ponorogo, relatif lancar dan tidak ada kenaikan harga atau masih dalam kondisi stabil.

"Bahan baku dari Ponorogo, harganya sampai saat ini stabil jadi saya tidak menaikkan harga, tetap Rp50 ribu per kotak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.