Sukses

Warga Siki Trenggalek Diminta Waspada Tanah Bergerak, Bisa Picu Longsor

Peringatan itu disampaikan BPBD menyusul longsor yang terjadi di Dusun Ngandong, Desa Siki, Kecamatan Dongko pada Minggu (27/3/2022) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Liputan6.com, Trenggalek - Warga Desa Siki Kecamatan Dongko Trenggalek, diminta waspada terhadap tanah bergerak yang dapat memicu longsor susulan.

"Tetap waspada. Terlebih saat terjadi hujan berintensitas tinggi karena berpotensi mengakibatkan terjadinya longsor susulan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Tri Puspita Sari di Trenggalek, dikutip dari Antara, Senin (28/3/2022)

Peringatan itu disampaikan BPBD Trenggalek menyusul longsor yang terjadi di Dusun Ngandong, Desa Siki, Kecamatan Dongko pada Minggu (27/3/2022) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa, guguran tanah tebing setinggi 15 meter dengan kemiringan 46 derajat itu telah menyebabkan bagian belakang salah satu rumah warga jebol diterjang longsor.

“Tebing bagian belakang rumah Bapak Nurhadi longsor dan sebagian dapur tertimbun. Kerugian ditaksir mencapai Rp5 juta,” kata Pipit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Darurat

BPBD yang mendapat laporan kejadian longsor itu kemudian melakukan langkah kedaruratan awal.

Namun, dengan beberapa pertimbangan, evakuasi belum bisa dilakukan. Pertimbangannya, kondisi tanah longsor masih labil.

Petugas gabungan sudah mengecek lokasi, rencana kerja bakti pembersihan material direncanakan dilakukan pada Senin (27/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.