Sukses

PLN Gandeng Dishut Jatim Bangun Rekonfigurasi Gistet 500 KV Paiton

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi mengungkapkan, pihaknya siap bersinergi mendukung pembangunan proyek strategis nasional ini.

Liputan6.com, Surabaya - PLN menggandeng Dinas Kehutanan (Dishut) Jawa Timur untuk mempercepat pembangunan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton. Dua instansi ini koordinasi dan lemeriksaan lapangan bersama dalam rangka evaluasi persetujuan penggunaan kawasan hutan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi mengungkapkan, pihaknya siap bersinergi mendukung pembangunan proyek strategis nasional ini.

"Kami selalu berkoordinasi dan melengkapi seluruh persyaratan agar proses persetujuan kawasan hutan dapat diterbitkan sesuai target waktu yang ditetapkan," ujarnya, Senin (28/3/2022).

Direktur Mega Project dan Energi Baru Terbarukan PLN Wiluyo Kusdwiharto menambahkan, dengan pembangunan Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton yang merupakan bagian dari SUTET 500 kV Java Bali Connection, nantinya akan mendukung keoptimalan keandalan sistem ketenagalistrikan di Jawa Timur dan Bali.

Sementara itu, General Manager PLN UIP JBTB Muhammad Ramadhansyah mengatakan, pemeriksaan lapangan ini sangat diperlukan dalam upaya persetujuan penggunaan kawasan hutan dapat segera diterbitkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kami berharap dengan sinergitas yang tercipta, berbagai upaya di lapangan serta pemenuhan berkas administrasi dapat mempercepat penerbitan Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan sehingga proses pembangunan dari relokasi 2 tower terkait Rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dapat mulai kami laksanakan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Keandalan Listrik

Sebagai informasi, rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dilaksanakan untuk peningkatan keandalan sistem kelistrikan, dimana dengan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton akan menyebabkan terintegrasinya SUTET 500 kV Java Bali Connection dengan sistem anti blackout 500 kV Jawa dengan pembangunan GITET 500 kV Bangil beserta transmisinya.

Di samping itu dengan rekonfigurasi GISTET 500 kV Paiton dapat memanfaatkan tower eksisting 500 kV untuk evakuasi daya dari Paiton ke Bali melalui GITET 500 kV Kalipuro.

Infrastruktur kelistrikan ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2023. Pekerjaan ini akan meminimalkan waktu padam Pembangkit Paiton dan meminimalisir dampak pemadaman.

Proses rekonfigurasi ini membutuhkan 3 tower baru dimana 2 tower baru diantaranya berada dalam Kawasan Hutan Produksi (KPH) Probolinggo dengan luasan 3,08 Ha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.