Sukses

Warga Pakis Rowo Banyuwangi Mengeluh Daerahnya Jadi Langganan Banjir

Saat banjir melanda, warga setempat langsung bergerak menyelamatkan barang-barang di rumah masing-masing, selain itu terus memantau dan mengantisipasi banjir yang lebih besar.

Liputan6.com, Banyuwangi - Warga Lingkungan Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Banyuwangi mengeluh, lantaran rumahnya selalu jadi langganan banjir saat hujan deras melanda.

Hotimah, salah satu warga Lingkungan Pakis Rowo mengungkapkan, jika sudah ada hujan berdurasi cukup lama, maka warga setempat sudah mulai was-was. Apalagi jika hujan pada malam hari, tidak sedikit warga memilih untuk tidak tidur untuk mewaspadai datangnya banjir.

"Banjir terjadi jam 11 malam, malam Jumat, Di sini sering terjadi banjir, tapi tidak sebesar tadi malam, kalau hujan agak besar hampir pasti banjir, kalau tadi malam itu termasuk besar," kata Hotimah, Jumat (25/3/2022).

Saat banjir melanda, warga setempat langsung bergerak menyelamatkan barang-barang di rumah masing-masing, selain itu terus memantau dan mengantisipasi banjir yang lebih besar.

Banjir yang terus menerus menghantui warga Lingkungan Pakis Rowo bukan tanpa sebab, ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi air lebih sering mengarah ke perkampungan. Diantaranya saluran air dari hulu yang relatif kecil serta berpotensi melubernya air ke permukaan, kemudian kawasan setempat yang termasuk dataran rendah.

Atas kejadian banjir yang terus menerus melanda perkampungannya, Hotimah berharap pemerintah mengambil peran untuk menanggulangi

"Kami berharap ada perhatian dari pemerintah. Kami bingung, kalau terus banjir gimana, kami terus kebingungan kalau banjir terus menerus," ungkap Hotimah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Surut

Sekretaris BPBD Banyuwangi Mujito mengatakan, banjir semalam telah melanda lingkungan Pakis Rowo dengan ketinggian hingga 1,5 meter.

"Akibat hujan deras yang melanda wilayah Banyuwangi tadi malam, banjir melanda Lingkungan Pakis Rowo dengan ketinggian 1 hingga 1,5 meter," kata Mujito.

Namun dia menyebut kondisi terkini, banjir di wilayah Pakis Rowo masih belum surut sepenuhnya, hingga kini warga masih membersihkan perabotan rumah yang tersampak.

"Saat ini masih belum surut total, namun banjir sudah berangsur surut," cetus Mujito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.