Sukses

Kasus Covid-19 di Pamekasan Menurun Drastis, Kini Tinggal 7 Orang

Selain dengan cara tetap disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan, upaya mencegah penyebaran juga terus dilakukan dengan cara meningkatkan kekebalan komunitas.

Liputan6.com, Pamekasan Catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menunjukkan kasus aktif COVID-19 di wilayah setempat turun drastis. Kini hanya tersisa tujuh orang yang masih terkonfirmasi Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dr. Saifudin mengatakan, turunnya tren kasus COVID-19 di wilayahnya berkat banyak warga telah disuntik vaksin dan penegakan protokol kesehatan secara ketat.

"Saat ini, pasien aktif COVID-19 tercatat sebanyak tujuh orang," katanya dalam keterangan persnya saat memantau pelaksanaan vaksinasi massal di kantor Bakorwil IV Pamekasan, Rabu (23/3/2022), dilansir dari Antara.

Jumlah kasus itu turun drastis dibanding jumlah kasus aktif yang terjadi dua pekan sebelumnya. Ia menjelaskan pada 14 Maret 2022, kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Pamekasan, terdata sebanyak 28 orang.

"Sekarang tinggal tujuh orang. Satu di antaranya diisolasi, sedangkan enam lainnya diisolasi mandiri," katanya. Meski jumlah kasus aktif cenderung menurun, pihaknya tetap meminta semua orang meningkatkan kewaspadaan.

Selain dengan cara tetap disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan, upaya mencegah penyebaran juga terus dilakukan dengan cara meningkatkan kekebalan komunitas.

Saifudin menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi untuk semua kalangan di Kabupaten Pamekasan sudah lebih dari 70 persen.

Secara umum vaksinasi dosis 1 kini sudah mencapai 73 persen, dosis 2 sebanyak 30,03 persen, dan dosis 3 ada 2,03 persen dari total jumlah penduduk di Kabupaten Pamekasan.

"Khusus warga lanjut usia, persentasenya lebih tinggi," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Anak Rendah

Ia menjelaskan, per tanggal 23 Maret 2022 ini, capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia dosis 1 sebanyak 78,53 persen, dosis 2 sebanyak 22,26 persen, dan dosis 3 sebanyak 0,82.

"Tapi untuk anak-anak memang masih rendah," katanya.

Menurut dia, untuk dosis 1 baru tercapai sebanyak 29,58 persen, dan dosis 2 baru tercapai 2,48 persen.

"Vaksinasi bagi anak-anak ini rendah, karena baru dimulai. Maka dari itu, kami terus berupaya agar cakupan vaksinasi bagi anak-anak ini bisa segera memenuhi target, yakni minimal 70 persen," katanya, menjelaskan.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Pamekasan, total warga yang positif COVID-19 per tanggal 22 Maret 2022 sebanyak 3.152 orang, sembuh 2.921 orang, meninggal dunia sebanyak 224 orang dengan jumlah kasus aktif sebanyak 7 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.