Sukses

5 Daerah di Jatim PPKM Level 1, Khofifah: Gas Terus Vaksinasi

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jawa Timur, pertambahan kasus harian konfirmasi positif di Jatim juga terus menurun.

Liputan6.com, Surabaya - Lima daerah di Jatim yaitu Surabaya, Kota Mojokerto, Tuban, Kabupaten Mojokerto, dan Lamongan berstatus PPKM Level satu berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2022 yang terbit 21 Maret 2022.

Menyambut hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa perkembangan ini menjadi sinyal positif bagi Jatim yang terus tak kenal lelah menanggulangi pandemi covid-19.

“Ini menjadi hal yang menggembirakan banyak daerah yang status PPKM nya masuk level satu. Saat ini yang statusnya level satu ada lima daerah, kemudian 26 daerah level dua, dan sebanyak tujuh daerah level tiga," ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Dia meminta warga Jatim  tetap waspada dan  jangan lengah untuk menegakkan protokol kesehatan.

"Gas terus percepat vaksinasi khususnya dosis dua dan booster," imbuh Khofifah.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jawa Timur, pertambahan kasus harian konfirmasi positif di Jatim juga terus menurun.

Per Senin 21 Maret, pertambahan kasus harian terkonfirmasi positif di Jatim telah menurun di angka 228 orang. Dan tambahan kasus sembuh dari Covid-19 di Jatim juga terus meningkat dengan angka 949 orang dalam sehari.

"Kini masih ada sebanyak 4.135 kasus aktif Covid-19 di Jawa Timur. Yang tentu masih terus diberikan penanganan treatment, tracing dan juga testing yang maksimal," ucap Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Vaksinasi

Sedangkan untuk update vaksinasi di Jawa Timur, per hari ini, capaian vaksinasi dosis 1 telah mencapai 91,24 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis dua telah mencapai 74,22 persen. Dan untuk dosis tiga telah tercapai 7,18 persen.

Capaian vaksinasi lansia dosis satu di Jatim terus meningkat di angka 73,06 persen, sedangkan capaian dosis dua mencapai 55,42 persen, dan dosis tiga capaiannya 6,26 persen.

“Khusus untuk vaksinasi, mohon pada setiap kabupaten kota agar menjadikan percepatan vaksinasi kedua dan booster sebagai prioritas. Maksimalkan stok vaksin yang ada untuk segera di-deliver," ujar Khofifah.

"Vaksinasi penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu vaksinasi dosis kedua akan menjadi acuan penetapan level PPKM yang terbaru," tambah Khofifah.

Meski begitu Berdasarkan Dashboard Kemenkes/KCPEN, Jumlah orang yang divaksin dosis pertama maupun kedua di Jatim menempati urutan tertinggi kedua di Indonesia. Sedangkan jumlah orang yang divaksin dosis ketiga di Jatim menempati urutan tertinggi ketiga di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.