Sukses

Hujan Petir Masih Intai Banyuwangi, Rumah Warga Jadi Korban Longsor

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja kerugian material ditaksir mencapai Rp 20 juta.

Liputan6.com, Banyuwangi - Hujan deras yang mengguyur sepanjang Senin (21/3/2022), mengakibatkan tanah longsor di Dusun Malangsari, Desa Kebonrejo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabar mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Salah satu rumah milik Sanwani rusak tertimpa tanah longsor.

"Penyebabnya hujan deras dengan durasi lama yang mengakibatkan longsornya tanah dan menimpa rumah milik korban," jelas AKP Jabar, Selasa (22/3/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja kerugian material ditaksir mencapai Rp 20 juta.

"Pasca kejadian petugas kami bersama warga setempat langsung melakukan kerja bakti pembersihan longsor yang menimpa rumah korban," kata Jabar.

Dia menyebut, rumah warga yang tertimpa longsor ini berdiri di atas tanah milik perkebunan PTPN XII Malangsari.

"Korban membangun sendiri di pinggiran sungai Afdeling Tretes secara mandiri atau tidak resmi," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Waspada

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan emetereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi pada hari selasa (22/3/2022) ini masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan tersebut dapat disertai petir dan angin kencang. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap adanya potensi cuaca buruk yang datang secara tiba- tiba.

Sementara itu, untuk tinggi gelombang di laut Selatan Jawa mencapai 1,5 -3,8 meter. Sedangkan di Selat Bali antara 0,5-1,5 meter. Untuk itu masyarakat terutamanya nelayan dihimbau tetap waspada jika berkativitas di laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.