Sukses

Vaksinasi Dosis 2 di Situbondo Ditargetkan Capai 70 Persen Sebelum Puasa Ramadan

Capaian vaksinasi Covid-19 di Situbondo saat ini sudah berada pada rangking ke-28 di Jawa Timur. Posisi tersebut jauh lebih baik, Jika dibandingkan sebelumnya berada di urutan 33.

Liputan6.com, Situbondo - Satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo mencatat capaian vaksinasi Covid-19 dosis satu hingga 15 Maret 2022 tercatat 82,7 persen atau 453,208 orang dan dosis dua 56,1 persen dari sasaran vaksinasi sebanyak 548.304 orang.

Bupati Situbondo Karna Suwandi mengatakan, bahwa saat ini tim satgas focus meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua, seiring Situbondo saat ini sudah masuk penerapan PPKM level 2 dari sebelumnya level 3.

“Kami menargetkan capaian vaksinasi  dosis dua bisa mencapai 70 persen sebelum bulan Ramadan 2022. Kami mengapresiasi kinerja puskesmas, polsek,  koramil, kecamatan dan  desa sehingga capaian vaksinasi  dosis satu dan dua termasuk vaksinasi lansia meningkat dari sebelumnya,”ujar Bung Karna sapaan akrab Karna Suwandi, Kamis (17/3/2022).

Menurutnya, capaian  vaksinasi Covid-19 saat ini sudah berada pada rangking ke-28 di Jawa Timur. Posisi tersebut jauh lebih baik, Jika dibandingkan sebelumnya berada di urutan 33.

“Saya bersama forkopimda baru saja kemarin rapat kordinasi percepatan vaksinasi. Hal ini kami lakukan untuk memberikan semangat mendongkrak  capaian  vaksinasi sesuai yang  ditargetkan  Gubernur Jawa Timur, Kapolda, Pangdam, Kejati, sehingga kekebalan kelompok terbentuk," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian

Sementara itu Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya mengatakan, terkait vaksinasi saat ini tidak lagi berbicara target dosis satu, akan tetapi harus focus pada vaksin dosis dua dengan skala prioritas bagi lanjut usia (lansia) karena dapat memicu tingginya angka kematian.

“Kami sarankan kepada Kepala Dinas Kesehatan, saat ini kita berbicara target harian vaksinasi dosis dua, dan hal ini bisa disampaikan  karena situbondo masuk dalam katagori kurang,”kata  Andi Sinjaya.

Kapolres Andi menambahkan, forkopimda mengacu pada Perpres Percepatan Vaksinasi dan Perbub Situbondo untuk percepatan vaksinasi di daerah. Dan vaksinasi untuk anak perlu dijelaskan dengan baik ke sekolah agar terus berjalan.

“Kita akan masuk dalan bulan puasa kerena jika sudah masuk bulan puasa pasti akan kesulitan.Maka harus ditargetkan sebelum puasa vaksinasi dosis dua bisa mencapai 70 persen,”ucapnya

Capaian vaksinasi dosis satu bagi lansia saat ini mencapai 76,1 persen, atau 65,765 orang, dari target sasaran 86.422 orang. Sedangkan vaksinasi dosis dua baru berada di angka 41.832 orang atau 48,4 persen, dan dosis tiga (Boster) mencapai 2,6 persen atau 2,204 orang dari target sasaran vaksinasi lansia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.