Sukses

5 Potret Gubernur Khofifah di IKN Nusantara, Bawa Tanah dan Air dari Bumi Majapahit

Gubernur Jawa Timur bergabung dengan perwakilan daerah lainnya di IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo dan para gubernur diketahui hadir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Minggu (13/3/2022) lalu. Setidaknya sebanyak 33 Gubernur mendampinginya, dengan lima di antaranya ikut menginap di lokasi. Salah satunya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Mantan Menteri Sosial tersebut ikut menghadiri prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi se-Indonesia bersama Presiden Joko Widodo di kawasan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022) siang.

Dalam prosesi itu Khofifah membawa tanah dan air yang dikemas dalam wadah berupa kendi dari tanah liat yang dibalut dengan kain batik khas motif Surya Majapahit Mojokerto. Tanah dan air yang dibawa Khofifah diambil dari Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ia menyebut jika lokasi itu sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Bawa dan menyerahkan tanah air dari bumi Majapahit, berikut ini 5 potret Gubernur Khofifah di IKN Nusantara yang dirangkum dari Instagram @khofifah.ip oleh Liputan6.com, Selasa (15/3/2022).

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan kendi berisi tanah dan air dari Mojokerto untuk disatukan ke dalam Kendi Nusantara.

3 dari 6 halaman

2. Ini momen Presiden Joko Widodo menuang dan persatukan ke dalam Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

4 dari 6 halaman

3. Menurutnya tanah dan air dari Jatim itu memiliki nilai sejarah dan korelasi yang cukup besar dengan nama Ibukota baru yaitu Nusantara.

5 dari 6 halaman

4. 'Tanah dan air yang kami bawa diambil dari Kabupaten Mojokerto, yang disebut sejarah sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit, dimana tercetusnya istilah kata Nusantara oleh Mahapatih Gajahmada,' ujarnya.

6 dari 6 halaman

5. Selain itu, Khofifah juga menanam pohon mangga jenis Lalijiwa atau lalijiwo yang merupakan salah satu spesies mangga endemik Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.