Sukses

Eri Cahyadi Targetkan Ekonomi Surabaya Naik 7 Persen Tahun Ini

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, meski pandemi pertumbuhan ekonomi Surabaya pada 2021 di atas Jawa Timur dan nasional.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, meski pandemi pertumbuhan ekonomi Surabaya pada 2021 di atas Jawa Timur dan nasional. Peningkatan itu tercatat dari 2020 terkontraksi minus 4,85 persen, kemudian melompat ke angka 4,29 persen pada 2021.

"Dengan gotong royong, kita terbukti bisa bangkit. Pada 2021 pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya meningkat," katanya, Senin (7/3/2022), dilansir surabaya.go,id.

Eri Cahyadi menjelaskan, lompatan pertumbuhan ekonomi Surabaya pada 2021 tercatat signifikan, yakni sekitar 8 poin. Bahkan, lompatan tersebut melampaui kinerja pertumbuhan ekonomi Nasional (3,69 persen) dan Jawa Timur (3,57 persen). Karenanya, pada 2022 ini, dia menargetkan perputaran ekonomi Surabaya meningkat di atas 7 persen.

"Target kita perputaran ekonomi harus naik. Kita dari 2021 yang ditargetkan cuma 2 persen, menjadi 4,29 persen. Maka di 2022, target kita punya sampai 7 persen lebih," katanya.

Menurut dia, salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan perputaran ekonomi Surabaya adalah dengan menggerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui padat karya. Namun, padat karya yang dimaksud bukan hanya menggerakan pelaku UMKM di bidang kue atau aksesoris.

"Padat karya UMKM itu bukan hanya kue atau tertentu. Tetapi padat karya selain di SKG, ada paving, penyediaan pasir yang dilakukan perorangan, yang itu kita lakukan pelatihan juga," jelas dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi Kerakyatan

Di samping itu, dia juga kembali menegaskan, bahwa untuk menggerakan ekonomi kerakyatan, bukan berarti merekrut warga menjadi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Tetapi, bagaimana menciptakan entrepreneur-entrepreneur baru yang mampu menjadi Pahlawan Ekonomi Surabaya.

"Sehingga (ekonomi) kita bisa bergerak bersama. Seluruh warga harus diubah mindsetnya. Kita harus lakukan sesuatu yang baru," ujarnya.

Oleh sebab itu, Eri optimis, di 2022 ini, perekonomian Surabaya terus meningkat. Apalagi, seluruh stakeholder di Surabaya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. "Target kita perputaran ekonomi harus naik," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.