Sukses

Puting Beliung Terjang Satu Kampung di Banyuwangi, Begini Kondisinya

Bencana angin puting beliung melanda Dusun Krajan, Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bencana angin puting beliung melanda Dusun Krajan, Desa Bedewang, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Angin puting beliung Banyuwangi yang hanya berdurasi 3 menit itu mengakibatkan 11 rumah warga dan satu bangunan masjid rusak.

Angin kencang juga membuat sejumlah pohon tumbang menutupi jalan. Dari data yang dihimpun, setidaknya ada empat pohon yang tumbang, yakni satu di Jalan Dusun Krajan menuju Dusun Tegalwudi, Desa Bedewang dan tiga lagi pohon jenis trembesi di SMPN 3 Songgon Banyuwangi.

"Untuk pohon yang tumbang di jalan Dusun Krajan-Dusun Tegalwudi roboh ke jalan dan sempat mengganggu aktivitas warga serta membuat putusnya jaringan listrik PLN," kata Kapolsek Songgon, Iptu Eko Darmawan. Minggu (17/2/2022)

Meski tidak memakan korban jiwa, bencana puting beliung mengakibatkan kerugian material. Rata-rata rumah warga yang terdampak mengalami kerugian minimal Rp 1 juta dan ada yang sampai Rp 10 juta.

"Karena ada rumah warga yang rusak ringan dan juga rusak berat," ujar Eko.

BPBD Banyuwangi yang mengetahui peristiwa tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengecek keadaan.

"Pasca kejadian petugas gabungan dibantu warga melaksanakan kerja bakti membersihkan ranting pohon yang menghalangi jalan," ucap Eko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.