Sukses

Polisi Ikut Jadi Korban Ritual di Pantai Payangan Bertugas di Polres Bondowoso

Terkait penyelidikan, polisi mulai memeriksa sejumlah saksi termasuk pimpinan padepokan Tunggal Jati Nusantara. Namun, nantinya pemeriksaan pimpinan padepokan.

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jawa Timur sedang menyelidiki anggotanya yang ikut ritual berujung maut Padepokan Tunggal Jati Nusantara di Pantai Payangan Jember, pada Minggu (13/2/2022).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan bahwa satu korban berinisial FB (28) merupakan polisi. FB bertugas di Polres Bondowoso. 

"Benar, anggota dari Polres Bondowoso," ujarnya, Selasa (15/2/2022), dikutip dari Antara. 

Terkait penyelidikan, polisi mulai memeriksa sejumlah saksi termasuk pimpinan padepokan Tunggal Jati Nusantara. Namun, nantinya pemeriksaan pimpinan padepokan. 

"Pimpinannya sekarang masih di rumah sakit, jadi belum bisa dimintai keterangan," kata Gatot. 

Diketahui, rombongan Padepokan Tunggal Jati Nusantara yang dipimpin orang bernama Nurhasan, berangkat dari Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, menuju Pantai Payangan, Sabtu (12/2/2022) malam. Rombongan saat itu menggunakan mini bus bernopol DK 7526 VF. 

Sekitar pukul 23.00 WIB, rombongan ini tiba di Pantai Payangan. Pukul 00.00 WIB, rombongan melakukan ritual di tepi Pantai Payangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diingatkan Warga

Sebelumnya, mereka sudah diingatkan oleh Pengelola Bukit Seroja, untuk tidak ke laut karena ombak besar. 

Namun rombongan itu tidak mengindahkan larangan dan tetap ke tepi pantai untuk melaksanakan ritual. Setengah jam kemudian, 23 orang terseret arus air laut pantai Payangan yang datang secara tiba-tiba. Pukul 01.00 WIB, personel Polsek Ambulu, Babinsa Sumberejo, perangkat desa, dan tim SAR mengevakuasi korban yang selamat ke Puskesmas Ambulu. 

Total 12 korban yang terseret ombak selamat. Sementara 11 korban dalam tragedi ini meninggal dunia. Para korban meninggal berusia mulai dari 13 - 40 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.