Sukses

Mantan Pj Gubernur Jatim Sebut Indonesia Butuh Figur Rizal Ramli untuk Jadi Pemimpin

Jenderal kelahiran Kediri ini mengungkapkan, persahabatan dengan Rizal Ramli membekaskan banyak sekali kesan dan kenangan yang sangat berharga dan memiliki nilai-nilai pembelajaran.

Liputan6.com, Surabaya - Penjabat Gubernur Jawa Timur periode 2008 - 2009 Mayjen TNI (Purn) Setia Purwaka menilai negeri ini butuh figur Rizal Ramli untuk menjadi pemimpin ke depannya. 

"Rizal Ramli adalah pribadi yang smart, profesional, kritis tetapi solutif. Serta jiwa aktivisnya melekat erat, tidak lekang oleh berjalannya waktu. Negeri ini butuh figur sekaliber RR," tutur jenderal purnawiran bintang 2 TNI AD itu, Jumat (11/2/2022).

Jenderal kelahiran Kediri ini mengungkapkan, persahabatan dengan Rizal Ramli membekaskan banyak sekali kesan dan kenangan yang sangat berharga dan memiliki nilai-nilai pembelajaran.

Sebagai contoh sewaktu berdiskusi di PT Semen Indonesia, dalam rangka penyusunan RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan), sebagai Komisaris Utama dia sangat tidak puas dengan RKAP yang disusun oleh para direksi.

"Rizal Ramli langsung men-challenge  sekaligus memotivasi agar para direksi dan jajarannya bisa meningkatkan margin tiga kali lipat," kenangnya.

Setia melanjutkan, pada awalnya para direksi terkaget-kaget dan menunduk lesu dengan tantangan tersebut. Tetapi dengan motivasi yang diberikan oleh Rizal Ramli melahirkan dorongan kerja keras di kalangan para direksi dan jajarannya.

Dengan cara yang ditunjukkan RR secara langsung, yaitu melalui langkah-langkah seperti meningkatkan efisiensi, meningkatkan produksi. Kemudian memangkas biaya logistik yang berlebihan dan yang tidak perlu, serta mendorong direksi untuk bekerja secara cerdas.

"Akhirnya target bisa tercapai, dan kemudian menghasilkan keuntungan pertama dan terbesar dalam sejarah beroperasinya PT Semen Indonesia," kata Kepala Rumah Tangga Istana Kepresidenan era Presiden SBY itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbangsih Pemikiran

Setia Purwaka juga menyebut Rizal Ramli memberikan sumbangsih pemikiran saat negeri ini diambang chaos pada tahun 1998. Menjelang kejatuhan Soeharto, Rizal Ramli berperan memberikan masukan kepada Mabes ABRI (TNI), dalam kapasitasnya sebagai ekonom senior yang menjadi penasehat ABRI untuk bidang ekonomi.

Saat itu, Setia dalam kapasitas sebagai Aspri mendampingi Kassospol ABRI yang dijabat oleh Letjen TNI AD Susilo Bambang Yudhoyono. Ia bersama jajaran ABRI melakukan pertemuan dengan Rizal Ramli di Apartemen Park Royale, seberang Hilton, kawasan Semanggi, Senayan, Jakarta Pusat.

Pertemuan itu membahas situasi sosial, politik, dan ekonomi pertengahan Maret 1998. Kala itu, dalam kaitannya dengan desakan mahasiswa dan masyarakat yang menginginkan Soeharto mundur dari kekuasaannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.