Safari Literasi Gol A Gong, Ajak Warga Banyuwangi Getol Baca Tulis

Oleh Hermawan Arifianto pada 10 Feb 2022, 01:15 WIB
Diperbarui 10 Feb 2022, 01:15 WIB
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong Memberikan Materi Dalam Seminar Literasi Bersama Guru, dan Pelajar di Banyuwangi. (Istimewa)
Perbesar
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong Memberikan Materi Dalam Seminar Literasi Bersama Guru, dan Pelajar di Banyuwangi. (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Penulis sekaligus Duta Baca Indonesia Gol A Gong Safari Literasi di Kabupaten Banyuwangi. Sastrawan bernama asli Heri Hendrayana Harris tersebut menggelar dialog hingga seminar literasi bersama para guru, pelajar, mahasiswa, serta pegiat literasi di Banyuwangi.

Safari literasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional selama 3 bulan (Januari-April 2022) dengan mengunjungi puluhan kota di tanah air. Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang menjadi jujugan kegiatan tersebut.

Selama di Banyuwangi, Gol A Gong bersama tim Safari Literasi Nasional melakukan berbagai agenda, di antaranya menggelar dialog bersama para pegiat literasi, serta seminar literasi bagi para guru, pelajar, dan mahasiswa yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Banyuwangi, Selasa (8/2/2022).

"Kegiatan ini untuk mengkampanyekan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Membaca itu sehat, menulis itu hebat. Spirit inilah yang ingin kami tularkan kepada masyarakat,” kata penulis buku Balada Si Roy tersebut.

Gol A Gong menjelaskan dipilihnya Banyuwangi lantaran perkembangan literasi di Banyuwangi dinilai cukup baik. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya taman-taman baca dan komunitas pegiat literasi di daerah.

"Masyarakat Banyuwangi juga sangat heterogen dan daerahnya mampu berkembang dengan pesat. Inilah alasan kami ke Banyuwangi untuk bekerja sama dengan pemerintah lokal terkait peningkatan literasi di daerah,” ujarnya.

Gol A Gong meminta agar masyarakat tidak terlalu terbebani dengan hasil penelitian Unesco yang menyebut minat baca masyarakat Indonesia masih rendah.

“Saya sudah keliling ke berbagai daerah, ternyata banyak kok masyarakat kita yang masih suka membaca bahkan sudah menulis buku. Mulai pelajar, birokrat, bahkan ibu-ibu juga banyak,” kata Gol A Gong.

“Untuk itu, ayo kita lebih dorong agar warga memanfaatkan perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada,” imbuhnya.

Selain Gol A Gong, seminar juga menghadirkan sejumlah tokoh literasi yang lain. Seperti penulis dan sekjen Iqro Semesta, Aditya Akbar Hakim; tokoh literasi nasional yang juga CEO Saeida Estate, Yusron Aminulloh; dan Penulis dan Trainer MEP, Teguh Utomo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Respons Ipuk

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong  (Kanan) Bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Kiri) Dalam Safarai Literasi 2022 (Istimewa)
Perbesar
Duta Baca Indonesia, Gol A Gong (Kanan) Bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Kiri) Dalam Safarai Literasi 2022 (Istimewa)

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku senang Banyuwangi dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Safari Literasi Nasional 2022.

“Terima kasih kepada Perpustakaan Nasional yang telah menggelar kegiatan ini di Banyuwangi,” kata Ipuk.

Ipuk berharap kegiatan tersebut bisa berdampak positif pada peningkatan literasi masyarakat Banyuwangi, khususnya di kalangan anak-anak muda.

“Saya minta para guru untuk mentransfer semangat dan ilmu yang didapat dari para tokoh literasi ini kepada anak didiknya. Cari cara-cara yang menarik agar anak-anak tertarik dan gemar membaca,” kata Ipuk.

Ipuk menyebut, Banyuwangi juga terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat. Salah satunya, melalui program perpustakaan keliling menggunakan kendaraan khusus.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya