Sukses

Anggota TNI-Polri di Banyuwangi Kini Wajib Indonesia Raya Setiap Pagi

Polresta Banyuwangi mulai Senin 31 Januari 2022, mewajibkan jajaranya menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari.

Liputan6.com, Banyuwangi Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu mewajibkan seluruh personel Polri dan ASN di jajarannya menyanyikan lagu Indonesia Raya di ruangan masing-masing.

"Saya menginstruksikan kepada seluruh personel Polri dan ASN bahwa mulai hari ini semua personel, setiap pagi pada pukul 10.00 Wib untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya,” ujar Nasrun Pasaribu,Senin (31/1/2022).

Pihaknya bertekad menjadikan intruksi dari Menpan-RB ini sebagai budaya di kepolisian. Hal ini sebagai upaya untuk terus menanamkan nasionalisme dan nilai-nilai Pancasila.

“Menggemakan lagu Indonesia Raya salah satu cara efektif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila adalah simbol pemersatu Bangsa Indonesia yang memiliki keragaman suku dan budaya," ujarnya. 

Saat kegiatan ini berlangsung, seluruhnya harus berdiri tegak dengan sikap sempurna di ruang kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

"Kegiatan ini dilakukan dengan tidak mengganggu jalannya aktivitas pekerjaan dan mengurangi kualitas dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat," tegas Kapolresta Banyuwangi.

Selain personel Polresta Banyuwangi kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polsek jajaran Polresta Banyuwangi termasuk masyarakat yang saat itu berada di lingkup Polresta Banyuwangi/Polsek jajaran untuk mengajukan layanan kepolisian diwajibkan untuk mengikuti kegiatan menyanyikan lagu Indonesia raya tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dandim Juga

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan. Dia menyebut kebiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya harus dimulai dari tubuh TNI dan Polri sebagai sosok figur pelindung bagi masyarakat.

“Polisi dan TNI harus bisa memberikan contoh yang sempurna kepada masyarakat. Memang membiasakan sesuatu itu terkandang sulit. Tapi harus memamksakan diri untuk disiplin. Lama-lama nanti akan terbiasa,”kata Eko Julianto Ramadan.

Ke depan, kodim akan membiasakan menyanyikan lagu Indonesia Raya ke masyarakat hingga ke sekolah. Karena membiasakan hal yang baik itu sangat mudah dilakukan sejak dini. Dengan terbiasanya menyanyikan lagu Indonesia Raya diharapkan  bisa menumbuhkan sikap patriotisme dan nasionalisme di tengah masyarakat maupun kalangan pelajar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.