Sukses

Elektrifikasi Buah Naga di Banyuwangi Sukses, Petani Bisa Panen Sepanjang Tahun

Didit mengungkapkan, melalui PLN Peduli, pihaknya hadir menangkap kebutuhan para petani buah naga untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya.

Liputan6.com, Banyuwangi - Elektrifikasi buah naga di Banyuwangi mampu peningkatan perekonomian petani karena panen dapat dilakukan sepanjang tahun.

"Untuk satu hektar lahan dengan penyinaran dapat menghasilkan buah naga sebanyak 77 ton tiap tahunnya dengan harga per kilo berkisar antara empat ribu hingga 30 ribu rupiah," ujar Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Jajag Banyuwangi Didit Ari Tarmizi, ditulis Minggu (30/1/2022).

"Tercatat sekitar 1.362 hektar lahan buah naga yang tersebar di daerah Pesanggaran, Siliragung, Tegaldlimo, Bangunrejo, dan Purwoharjo sudah teraliri listrik," ucap Didit.

Didit mengungkapkan, melalui PLN Peduli, pihaknya hadir menangkap kebutuhan para petani buah naga untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya.

"Sejak 2020, PLN Peduli memfasilitasi dan memberdayakan para petani buah naga jadi tidak hanya meningkatkan produksi tapi juga melalui industri olahan makanan dari buah naga," ujarnya.

Dengan elektrifikasi PLN ini, lanjut Didit, wisata petik pertama kali di Banyuwangi tercetuskan. Agro Wisata Petik Jeruk dan Naga Listrik yang menyuguhkan pertanian buah naga disinari lampu-lampu LED yang terletak di Pesanggaran, selatan Banyuwangi menjadi daya tarik tersendiri.

"Pengunjung dapat menikmati sensasi berkunjung ke ladang buah naga sambil memetik sendiri buah naga maupun jeruk yang ada di area wisata yang dikelola oleh Paguyuban Sekar Arum Naga ini," katanya.

"Menariknya, pada malam hari pengunjung dapat merasakan pengalaman untuk mengawinkan buah naga secara langsung. Dihiasi lampu-lampu yang cantik, wisatawan juga bisa berfoto di ladang cahaya dari atas ketinggian spot foto yang disediakan di tempat ini," imbuh Didit.

Didit menegaskan, terhitung sudah lebih dari 30 tenaga kerja tetap yang diserap hingga pertengahan tahun 2021. Sementara jumlah pengunjung sekitar 4000 wisatawan baik lokal maupun domestik dari khalayak umum, public figure, maupun tokoh penting masyarakat.

"Omset saat musim panen Rp 173 juta, setelah mendapat penyinaran buah naga menjadi Rp 764 juta atau naik tiga kali lipat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Lokasi Wisata

Penggerak wisata petik buah naga, Nanang menambahkan, sejak PLN Peduli hadir membersamai petani buah naga, wisata petik buah naga dan jeruk ini menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

"Tak jarang pengunjung yang sebelumnya hanya sekedar lewat untuk berwisata ke Pulau Merah, justru mampir ke agro wisata ini," ucapnya.

Nanang mengaku, listrik untuk sang naga kini sudah meraih beragam penghargaan CSR dan banyak direplikasi wilayah lain.

"Listrik untuk sang naga mendapatkan penghargaan platinum ISDA kategori Menjamin Pola Produksi dan Konsumsi yang Berkelanjutan tahun 2021 dan Platinum ICA Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat (CID) tahun 2021," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.