Banjir Peminat, Antrean Penghuni Rusunawa Surabaya Capai 11 Ribu Orang

Oleh Liputan6.com pada 28 Jan 2022, 06:09 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 06:09 WIB
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Perbesar
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyatakan, rumah susun sewa sederhana (rusunawa) menjadi alternatif hunian bagi warga MBR (masyarakat berpenghasilan renah). Saat ini, antrean penghuni rusunawa sudah mencapai 11 ribu orang lebih.

"Tentu nanti disesuaikan daya tampung dengan skala prioritas," kata Armuji saat mengunjungi Rusunawa Grudo, Tegalsari, Surabaya, Kamis (27/1/2022), dikutip dari Antara.

Menurut Armuji, saat ini  ada 20 rusunawa yang dikelola Pemkot Surabaya. Saat ini sedang didata rusun-rusun mana saja yang akan menjadi prioritas pemeliharaan lebih dulu mengingat jumlah anggaran yang terbatas.

Adapun 20 rusunawa tersebut meliputi Rusunawa Urip Sumoharjo, Dupak Bangunrejo, Sombo, Penjaringansari, Warugunung, Wonorejo, Tanah Merah, Randu, Grudo, Pesapen, Jambangan, Siwalankerto, Romokalisari, Keputih, Bandarejo, Gununganyar, Dukuh Menanggal, Tambak Wedi, Rusun Indrapura, dan Babat Jerawat.

Sedangkan daya tampung Rusunawa di Kota Surabaya yang terdiri dari 101 Blok dan 4.823 Unit diperuntukkan bagi warga Surabaya yang masuk dalam kategori MBR.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nyaman dan Murah

Rumah Baru di Rusunawa
Perbesar
Anak-anak bermain sepak bola di Rusunawa Nagrak, Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (15/6/2021). Rusunawa Nagrak merupakan salah satu dari program hunian vertikal Pemprov DKI Jakarta sebagai solusi mengatasi kebutuhan tempat tinggal warga Ibu Kota. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ia menyampaikan komitmennya bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk memberikan hunian nyaman dan murah bagi warga Surabaya.

"Saat ini beberapa sedang dilakukan peremajaan dengan pengecatan maupun penataan taman sehingga nanti sedap dipandang dan penghuni makin kerasan. Tapi saya minta warga juga membantu menjaga kebersihan," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya