Sukses

Antisipasi Lonjakan Covid-19 Ketiga, Dinkes Surabaya Diminta Waspada

Dengan adanya prediksi awal Februari 2022 ada lonjakan COVID-19 tersebut, tentunya akan menjadi alarm bagi Dinkes Surabaya dan Satgas COVID-19 untuk lebih ketat lagi melakukan pengawasan.

 

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah meminta dinas kesehatan Surabaya bersiap menghadapi gelombang ketiga atau lonjakan kasus COVID-19 pada awal Februari 2022.

"Apalagi setelah ada warning dari pemerintah pusat jika akan ada lonjakan pada awal Februari 2022," katanya, dikutip dari Antara, Minggu (24/1/2022).

Dengan adanya prediksi awal Februari 2022 ada lonjakan COVID-19 tersebut, tentunya akan menjadi alarm bagi Dinkes Surabaya dan Satgas COVID-19 untuk lebih ketat lagi melakukan pengawasan.

"Tentu kita semua tidak ingin ada lonjakan lagi seperti pada pertengahan 20021 lalu," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan Surabaya ini.

Untuk itu, Khusnul mengatakan, langkah-langkah yang harus disiapkan Dinkes Surabaya seperti menyiapkan rumah sakit darurat termasuk sarana dan prasarananya seperti obat-obatan, sehingga kondisi darurat seperti sebelum-sebelumnya tidak akan terjadi lagi.

"Kami tidak ingin lagi mengalami kedaruratan seperti tahun lalu. Jauh-jauh hari sebelumnya harus sudah siapkan rumah sakit, seperti RS Lapangan Tembak atau memfungsikan Balai RW menjadi rumah sehat," ujarnya.

Selain itu, Khusnul juga meminta Pemkot Surabaya untuk mengaktifkan lagi call center selain Command Center 112. 

"Jika perlu, nomor kontak kepala puskesmas bisa diketahui masyarakat. Agar jika terjadi kedaruratan seperti membutuhkan oksigen dan lainnya bisa dilakukan tindakan dengan cepat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gotong Royong

Ia juga memberikan penekanan agar layanan di puskesmas lebih optimal lagi. Menurutnya, puskesmas sebagai layanan kesehatan paling dasar harus memberikan pelayanan terbaiknya. Upaya preventif, promotif dan kuratif harus berjalan dengan baik.

"Yang tidak kalah pentingnya juga adalah upaya gotong royong dari seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama di kampung-kampung untuk bergotong royong menjaga pola hidup yang bersih dan sehat," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.