Sukses

2 Pekerja Migran Positif Covid-19 Saat Tes di Bandara Juanda

Liputan6.com, Surabaya - Dua pekerja migran Indonesia (PMI) positif Covid-19 usai pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Bandara Juanda.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto menyatakan, sebanyak 129 pekerja migran tiba  dari Malaysia maskapai Malaysia Airlines. 

"Saya bersama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur memantau langsung proses 'screening' Covid-19 , mulai dari Bandara Juanda hingga ke tempat karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya," katanya, Minggu (23/1/2022).

Berdasarkan hasil screening, dua di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 . 

"Dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dievakuasi ke RSUD dr Soetomo Surabaya," ujarnya. 

Menurut Mayjend Nurchahyanto,  tim dokter di RSUD dr Soetomo, masih mendalami jenis Covid-19 yang menginfeksi dua pekerja migran tersebut. 

"Kemarin masih dinyatakan sebagai Covid-19 biasa. Tapi masih didalami oleh tim dokter untuk mengetahui apakah varian baru Omicron," katanya.    

Sementara terhadap ratusan pekerja migran Indonesia lainnya yang dinyatakan negatif Covid-19 saat ini diwajibkan menjalani proses karantina selama tujuh hari di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Kemarin dari Bandara Juanda sudah kami sediakan bus untuk menuju ke tempat karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karantina Sepekan

Pangdam Nurchahyanto menandaskan, pada hari keenam nanti, di tempat karantina Asrama Haji Sukolilo Surabaya, akan kembali dilakukan tes usap PCR terhadap masing-masing pekerja migran tersebut. 

"Bagi yang hasil tes PCR-nya negatif, pada hari ketujuh langsung diperbolehkan pulang menuju ke daerahnya masing-masing. Sedangkan yang hasil PCR-nya positif, akan kami rujuk untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di RSUD dr Soetomo Surabaya," ucapnya. 

Untuk pertama kalinya, kedatangan internasional di Bandara Juanda kembali dioperasikan. Sebelumnya, demi menekan transmisi Covid-19 , selama sekitar empat bulan terakhir, kedatangan internasional di Tanah Air hanya melalui di pintu, yaitu Bandara Soekarno Hatta, dan Samratulangi Manado. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.