Sukses

Daftar Wisata Alam di Jombang yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Kamu

Tidak harus bareng keluarga atau teman, kamu bisa sendiri untuk menikmati wisata alam di Jombang. Kalau ingin semakin asyik dan seru, tentu saja liburan sendiri tidak direkomendasikan.

Liputan6.com, Jombang - Memiliki julukan Kota Santri bukan berarti Jombang, Jawa Timur tidak punya destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi. Nyatanya Jombang memiliki destinasi wisata alam yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegera.

Wisata alam di Jombang menjadi alternatif untuk menghirup udara segar di tengah hiruk pikuk kehidupan kota. Liburan di tempat wisata alam cocok sekali buat kamu yang ingin healing sejenak dari pekerjaan kantor.

Tidak harus bareng keluarga atau teman, kamu bisa sendiri untuk menikmati wisata alam di Jombang. Kalau ingin semakin asyik dan seru, tentu saja liburan sendiri tidak direkomendasikan.

Beberapa tempat wisata alam di Jombang berikut ini siap menjadi tempat liburanmu berikutnya. Siap-siap agendakan untuk menjelajahi Jombang dengan ragam wisatanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Wisata Sumber Biru

Keindahan dan keasrian wisata alam Sumber Biru tidak diragukan lagi. Liburan ke tempat wisata alam ini betul-betul bisa melepaskan penat.

Wisata alam Sumber Biru memberikan kesan yang istimewa bagi setiap pengunjungnya. Bukan hanya sungai yang jernih, tapi udara di tempat wisata ini juga bersih. Ditambah lagi suasana pegunungan yang asri dan sejuk. Sangat disayangkan jika tidak mampir untuk menikmati pesona alam Jombang di Sumber Biru.

Tidak hanya itu, di Sumber Biru tersedia spot foto yang ciamik. Mulai dari jembatan cinta, deretan payung yang tertata rapi, replika kapal, dan jembatan warna-warni. Kamu bisa berswafoto di spot-spot tersebut.

Kalau kamu hendak bermalam di Sumber Biru juga bisa. Tempat wisata alam ini menyediakan fasilitas bermalam bagi pengunjungnya. Tinggal pilih saja mau di homestay atau kamar rumah warga.

Kamu tak usah khawatir karena takut kelaparan. Di Sumber Biru ada warung sungai yang menyediakan beragam kuliner. Harga-harganya pun relatif murah.

Lokasi wisata alam Sumber Biru berada di Dusun Wonotirto, Desa Monomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Meski berada di daerah pegunungan, akses ke Sumber Biru tetap mudah dijangkau. Apalagi jalan menuju wisata alam ini telah diperbaiki.

Wisata alam Sumber Biru buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Kamu hanya perlu membayar tiket Rp5.000 untuk bisa menikmati salah satu destinasi wisata alam di Jombang ini.

 

3 dari 5 halaman

2. Goa Sigolo-golo

Belum puas dengan Sumber Biru? Tenang, masih ada tempat wisata alam menarik lainnya di Jombang. Salah satunya adalah Goa Sigolo-golo yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Wisata alam ini cukup populer karena pesona keindahannya bagaikan muncak di Machu Picchu Peru. Meski wisata lokal, tapi rasanya bak internasional.

Tidak hanya pesona goa, keindahan alam di sekitar tempat wisata ini juga menarik perhatian pengunjungnya. Di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan keindahan tebing curam berhiaskan batuan yang menawan.

Wisata alam Goa Sigolo-golo sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka berpetualang. Tempat wisata ini termasuk murah. Jika hari biasa kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000, sedangkan jika akhir pekan Rp10.000. Wisata alam Goa Sigolo-golo buka setiap hari mulai pukul 08.30 dan tutup 17.00 WIB.

 

4 dari 5 halaman

3. Taman Kehati

Tempat wisata alam lainnya di Jombang adalah Taman Kehati. Taman yang memiliki luas sekitar 15 hekatare ini terletak di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Wonosalam.

Taman Kehati adalah suatu kawasan pencadangan sumber daya alam hayati lokal di luar kawasan hutan. Taman ini berfungsi untuk menyelamatkan berbagai jenis tumbuhan asli atau lokal yang memiliki tingkat ancaman tinggi terhadap kelestariannya.

Taman Kehati juga berfungsi sebagai sarana pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan ekowisata. Tidak sedikit yang menjadikan taman ini sebagai alternatif liburan di akhir pekan.

Liburan ke Taman Kehati kamu akan dimanjakan dengan pohon-pohon yang rindang. Tercatat ada 130 spesies tumbuhan lokal yang berada di taman ini.

Selain pendopo dan edu eco wisata, fasilitas lain di Taman Kehati yang menarik perhatian publik adalah kawasan foto. Di kawasan ini tersedia spot foto instagramable yang sayang jika dilewatkan.

 

5 dari 5 halaman

4. Wisata Sumberboto

Beranjak ke arah timur Kabupaten Jombang, ada wisata alam Sumberboto yang tak kalah populer di antara yang lainnya. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Japangan, Kecamatan Mojowarno.

Salah satu yang menarik dari wisata alam Sumberboto adalah mata air. Agar semakin menarik perhatian pengunjung, pengelola Sumberboto menyediakan kolam renang yang airnya langsung dari mata air. Kkolam renang tersebut tampak jernih dan segar.

Berkunjung ke Sumberboto bisa sekalian bermalam di bumi perkemahannya. Tak usah khawatir dengan fasilitas yang disediakan, di tempat wisata alam ini sudah ada toilet, musala, tempat makan, dan aula.

Harga tiket masuk wisata alam Sumberboto cukup murah. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp10.000. Dengan harga yang terjangkau itu kamu bisa liburan di tempat wisata alam ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.