Sukses

Deretan Fakta Menarik Jembatan Sawunggaling Kota Surabaya yang Ikonik

Jembatan yang dibangun selama 420 hari itu menjadi ikon baru Kota Surabaya. Lampu-lampu yang berkilauan di malam hari semakin mempercantik jembatan.

Liputan6.com, Surabaya Selain Jembatan Suramadu, jembatan lain yang populer di Surabaya adalah Jembatan Sawunggaling. Jembatan yang membentang sepanjang 136 meter dan lebar 17 meter ini menghubungkan frontage road sisi barat Jalan Raya Wonokromo dengan Jalan Gunungsari. Kehadiran jembatan tersebut menjadi warna baru di Kota Pahlawan.

Dibangunnya Jembatan Sawunggaling diharapkan dapat mendukung transportasi yang akan masuk ke Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Selain itu, juga mendukung peningkatan jumlah pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Tentu bukan hanya itu saja yang menarik dari Jembatan Sawunggaling. Masih ada sisi lain yang menarik dari jembatan itu. Yuk simak fakta-fakta menarik lainnya seputar Jembatan Sawunggaling yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ikon Baru Kota Surabaya

Jembatan yang dibangun selama 420 hari itu menjadi ikon baru Kota Surabaya. Lampu-lampu yang berkilauan di malam hari semakin mempercantik jembatan.

Tidak sedikit para pengunjung yang berhenti sejenak untuk mengabadikan momen saat melewati Jembatan Sawunggaling. Memang bidikan kamera acap kali menjadi cara untuk mengabadikan suatu momen.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

 

Jembatan Sawunggaling menjadi salah satu objek wisata di Surabaya. Dengan demikian, jembatan tersebut berperan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Surabaya.

Keuntungan Jembatan Sawunggaling diharapkan tidak hanya dapat dinikmati oleh pengunjung dari luar kota, masyarakat setempat juga bisa merasakan kebermanfaatan jembatan itu. Salah satunya dari sisi ekonomi, sehingga peran Jembatan Sawunggaling sebagai penggerak perekonomian masyarakat bisa terwujud.

Digagas Tri Rismaharini

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini adalah penggagas Jembatan Sawunggaling. Ia menggagas jembatan tersebut saat menjadi Wali Kota Surabaya.

Mensos Tri Rismaharini meresmikan Jembatan Sawunggaling pada 1 Mei 2021 bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kini jembatan tersebut telah beroperasi dan dilalui oleh masyarakat Surabaya maupun luar Surabaya.

 

3 dari 3 halaman

Sarana Pelengkap

Jembatan Sawunggaling terbukti telah menarik perhatian wisatawan. Hal itu tidak terlepas dari bangunan pelengkap yang semakin mempercantik jembatan tersebut.

Jembatan Sawunggaling dilengkapi dengan Big Tree Lamp. Yakni tiang lampu melingkar setinggi 6 meter dilengkapi dengan LED variasi gerak dengan running text.

Berikutnya adalah Mezanine, yaitu pilon jembatan dengan setinggi 20 meter yang dilengkapi tangga. Selain itu, Dancing Fountain berupa air mancur juga menjadi pelengkap Jembatan Sawunggaling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.