Sukses

Pria Penendang Sesajen Gunung Semeru Jadi Tersangka

HF ditangkap di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (13/1) malam pukul 22.30 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Pria berinisial HF,  penendang sesajen di Gunung Semeru ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama.

"Status yang bersangkutan sudah sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Surabaya, Jumat (14/1/2022), dikutip dari Antara.

HF ditangkap di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (13/1) malam pukul 22.30 WIB.

"Untuk konstruksi hukumnya, pasal yang kami kenakan adalah pasal 156 dan 158 KUHP. Untuk proses pemeriksaan dilaksanakan di Polda Jawa Timur,” katanya.

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto menyatakan, dari keterangan awal tersangka, ponsel yang digunakan untuk merekam kejadian itu adalah ponsel miliknya sendiri.

Termasuk diantaranya, yang mengunggah video tersebut ke media sosial adalah dirinya sendiri.

“Jadi handphone yang digunakan milik bersangkutan. Kemudian dia minta bantuan teman  di lokasi itu untuk mengambil dan memvideokan, setelah itu video itu (diunggah) ke grup WA yang bersangkutan,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spontanitas

Soal motif tersangka melakukan penendangan tersebut, Totok menyatakan jika hal itu karena spontanitas pemahaman keyakinan tersangka.

"Sementara karena spontanitas karena pemahaman keyakinan saja. Barang bukti yang (disita) pertama saja yang di lokasi hasil olah TKP. Yang kedua rekaman video dan handphone-nya. Tersangka yang lain nanti akan menyusul," katanya.

Terpisah, tersangka HF menyatakan permintaan maafnya pada masyarakat Indonesia terkait dengan viralnya video tersebut. Namun sayang, ia tak menjelaskan lebih detail motif mengapa dirinya melakukan tindakan tersebut.

“Seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai kiranya apa yang kami lakukan dalam video itu dapat menyinggung perasaan saudara kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya,” katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.