Sukses

1.304 Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Madiun Mulai Divaksin Covid-19

Ada sebanyak 1.304 anak usia TK dan 288 anak usia Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang mengikuti vaksinasi ini.

Liputan6.com, Madiun - Ribuan anak TK dan PAUD usia 6-11 tahun di Kota Madiun mendapatkan suntukan dosis vaksin COVID-19 guna menghadapi pembelajaran tatap muka agar mendapatkan kekebalan kelompok dan mencegah penularan corona di lingkungan sekolah.

Vaksinasi anak  digelar di mal itu kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dengan Polres Madiun Kota.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi, Selasa (28/12/2021) mengatakan vaksinasi digelar di Sun City Mal yang melibatkan Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB serta Polres Madiun Kota.

"Ada sebanyak 1.304 anak usia TK dan 288 anak usia Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang mengikuti vaksinasi ini," katanya di sela kegiatan vaksinasi, dilansir dari Antara.

Menurut dia, tempat vaksin di mal sengaja dipilih karena luas dan dekat dengan area bermain. Sehingga, anak-anak bisa langsung bermain di area permainan mal tersebut.

"Tempat seperti ini kami rasa sangat cocok untuk tempat vaksinasi anak khususnya yang 6-11 tahun. Anak-anak jadi tidak takut karena banyak area bermain," katanya.

Ia mengatakan, memang sebagian anak ada yang tampak senang. Bahkan, ada yang memanfaatkan waktu menunggu sambil bermain bersama teman-temannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksinasi 30 Persen

Namun, ada pula yang menangis karena takut. Untuk itu, kegiatan vaksinasi bagi anak TK kali ini wajib didampingi orang tua. Para orang tua tersebut diminta untuk ikut menenangkan.

"Hadirnya orang tua ini juga sebagai bentuk dukungan akan vaksinasi kepada anak-anaknya. Anak-anak juga harus divaksin karena tidak sedikit kasus COVID-19 juga menyerang pada anak," katanya.

Adapun pelayanan vaksinasi bagi anak TK dan PAUD kali ini sementara waktu khusus untuk siswa yang bersekolah di Kota Madiun. Biarpun bukan warga setempat, tetapi jika bersekolah di Kota Madiun secara otomatis tercatat sebagai peserta.

Sesuai prosedur vaksin dosis kedua akan dilaksanakan minimal setelah 28 hari ke depan. Hariyadi menyebut pelaksanaan vaksin kedua dimungkinkan kembali berlokasi di area mal.

"Melihat pelaksanaan hari ini, mal cukup representatif untuk pelaksanaan vaksinasi anak. Pelaksanaan dosis kedua sekitar 28 hari dari sekarang," katanya.

Kota Madiun memang telah diperbolehkan melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak usia 6 tahun ke atas. Pelaksanaannya sudah dimulai sejak 14 Desember 2021. Sampai saat ini, capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah 30,62 persen.

"Tentu saja, kami sangat berterima kasih kepada kepolisian khususnya Polres Madiun Kota yang berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini," katanya.

Sesuai data, jumlah sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Madiun mencapai sebanyak 15.657 anak, demikian Slamet Hariyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.