Sukses

Gerak Cepat Risma-Eri Siapkan Tempat dan Transportasi Salurkan Bansos

Risma mengatakan, warga harus dipermudah untuk segera mencairkan bantuan dari pemerintah, termasuk untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bergerak cepat mempermudah akses masyarakat penerima bantuan sosial tambahan dari Kementerian Sosial.

"Akhir tahun memang semua harus terealisasi. Maka saya minta Pak Wali menyiapkan tempat (penyaluran bansos) untuk semuanya, agar bisa selesai dalam waktu dua hari kedepan," tutur Risma usia mengecek penyaluran bantuan di Kelurahan Pakis, Surabaya, Senin (27/12/2021).

Risma mengatakan, warga harus dipermudah untuk segera mencairkan bantuan dari pemerintah, termasuk untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Karena waktu juga sudah tidak ada, kalau orang tidak mampu membutuhkan biaya transportasi dan itu juga berat bagi mereka. Jadi saya minta, langsung transaksi manual," ujarnya.

Oleh karena itu, meskipun warga belum menerima KKS dan data warga tersebut tersinkronisasi dengan data dari Kementerian Sosial, maka Risma meminta kepada pihak bank untuk tetap mencairkan bantuan. Sebab, pihaknya telah melakukan penertiban data dan hasilnya banyak nama usulan baru yang belum memiliki KKS.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerangkan, pihaknya bergerak cepat memfasilitasi warga untuk mendapatkan bansos yang telah disediakan Kemensos.

“Ibu Risma sudah sangat perhatian ke warga kurang mampu di Surabaya, maka Pemkot juga bergerak cepat memfasilitasi warga agar mudah mendapatkan bantuan, tanpa ribet sesuai arahan Ibu Risma,” kata wali kota yang karib disapa Cak Eri.

Sejumlah langkah langsung diambil Cak Eri untuk memfasilitasi penyaluran bansos dari Kemensos. Pertama, menyediakan tempat penyaluran bantuan. Dengan tempat bantuan yang terpusat, semua proses bisa langsung terintegrasi. Jika ada masalah, bisa langsung dicari solusinya.

"Bu Menteri sudah memberikan untuk warga Surabaya. Besok (pembagian bantuan) akan saya letakkan di Gelora Pancasila, sehingga yang disampaikan Bu Menteri tadi bisa bermanfaat untuk umat itu bisa langsung terasa, maksimal hari Rabu (29/12/2021) harus sudah tersalurkan semua," ucap Cak Eri.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instruksikan Camat dan Lurah

Langkah kedua, lanjut Cak Eri, memfasilitasi transportasi warga penerima bantuan dari kelurahan masing-masing menuju tempat penyaluran bantuan.

“Saya sudah instruksikan camat dan lurah, harus fasilitasi warga yang datang ke Gelora Pancasila, memakai mobil atau bus,” ujarnya.

Langkah ketiga yang diambil Cak Eri adalah memfasilitasi semua proses sinkronisasi data penerima bantuan.

“Data pemerintah kota saya minta ke tim untuk disinkronkan. Pemkot bergerak sekuat tenaga agar proses verifikasi berjalan cepat. Misal Himbara butuh bantuan untuk segera validasi, Pemkot siap support penuh,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.