Sukses

Young Buddhist Donasi Bangun Huntara untuk Warga Terdampak Semeru Erupsi

Berbagai bantuan itu dihimpun melalui gerakan Tekad Comeback Stronger untuk Semeru yang diinisiasi oleh Young Buddhist Association.

Liputan6.com, Surabaya - Young Buddhist Association bersama para anggota sangha bhikku dan tim Gusdurian Peduli akan membangun Hunian Sementara (Huntara) untuk warga terdampak Semeru erupsi di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Berbagai bantuan itu dihimpun melalui gerakan Tekad Comeback Stronger untuk Semeru yang diinisiasi oleh Young Buddhist Association. Gerakan ini menerima donasi barang dan uang, ditambah lagi penjualan baju Campaign Comeback Stronger yang hasilnya juga disumbangkan untuk membangun hunian sementara para korban erupsi Gunung Semeru.

"Pada hari ini, kami menyerahkan donasi bahan kebutuhan pokok dan donasi uang kepada Tim Gusdurian Peduli di Lumajang. Tim ini sebelumnya sudah asesmen terhadap kebutuhan yang diperlukan oleh para korban erupsi Gunung Semeru," tutur Koordinator Donasi Tekad Comeback Stronger untuk Semeru Billy Lukito Joeswanto, Senin (20/12/2021).

"Ternyata, kebutuhan yang mendesak dari saudara-saudari kita adalah huntara dimana pemerintah melalui Kementerian Kehutanan sudah memberikan izin untuk mendirikan rumah hunian sementara di lahan perhutanan di kawasan yang jauh dari zona merah erupsi, yaitu di Kecamatan Candipuro,” kata Billy.

Pihaknya langsung bergerak memberikan bantuan sembako dan juga menyerahkan donasi uang yang merupakan hasil sumbangan dari para donatur yang dihimpun melalui gerakan Tekad Comeback Stronger untuk Semeru mulai 6-15 Desember 2021.

Donasi uang yang diserahkan itu sebesar Rp 44,4 juta yang merupakan donasi dari para donatur dan juga penjualan baju Campaign Comeback Stronger.

"Kita juga bagikan obat semprot pembunuh parasit bakteri di tenggorokan untuk warga dan Relawan Gusdurian Peduli agar kondisi kesehatan mereka tetap terjaga saat pandemi ini. Sudah menjadi kewajiban kami untuk membantu saudara terkena dampak bencana erupsi Semeru,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menetap

Bantuan itu pun disambut baik oleh Tim Gusdurian Peduli untuk turut membantu membangun hunian sementara, tepatnya di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Tujuan dibangunnya hunian sementara ini agar memberikan privacy, kualitas dan kenyamanan untuk para pengungsi, terutama yang sudah berkeluarga.

“Sehingga tetap terjaga privacy-nya dibandingkan hidup di tenda pengungsian, karena evakuasi di daerah terkena erupsi akan memakan waktu yang sangat lama dan ada kemungkinan ada yang tidak bisa dievakuasi, sehingga harus direlokasi di lahan perhutani tersebut," kata Ketua Gusdurian Peduli A'ak Abdullah Al-Kudus.

Menurutnya, di lahan perhutani itu nantinya setiap keluarga akan mendapatkan tanah 7x14 meter. Makanya, di tempat itu pula pihaknya akan membangunkan hunian sementara, karena di lahan ini pula nantinya pemerintah pusat akan membangunkan hunian tetap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.