Sukses

Adopsi AI di Indonesia Peringkat Pertama ASEAN, Ratusan Siswa di Surabaya Belajar Lewat Prakarsa Muda

Intel menjalin kerjasama dengan Junior Chamber International (JCI) Chapter East Java untuk mempersiapkan talenta-talenta muda agar dapat mempelajari Artificial Intelligence melalui program Prakarsa Muda.

Liputan6.com, Surabaya- Indonesia merupakan salah satu negara dengan peringkat tertinggi di ASEAN dalam adopsi Artificial Intelligence (AI).

"Artificial Intelligence atau AI merupakan sebuah teknologi yang kini ramai dikembangkan oleh sejumlah ilmuwan dengan tujuan membantu manusia," tutur Project Director Prakarsa Muda, Herry Darmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima liputan6.com di Surabaya, Minggu (12/12/2021). 

Herry mengatakan, tingkat adopsi AI di Indonesia sudah mencapai 24,6 persen dan diproyeksikan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Artinya, pada masa depan akan ada banyak permintaan dari sisi industri untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi AI.

Fenomena tersebut yang mendasari Intel menjalin kerjasama dengan Junior Chamber International (JCI) Chapter East Java untuk mempersiapkan talenta-talenta muda agar dapat mempelajari Artificial Intelligence melalui program Prakarsa Muda.

Prakarsa Muda adalah program kesiapan digital dan inovasi komunitas berbasis AI yang ditujukan kepada siswa-siswi berumur 14 sampai 19 tahun selama rentang waktu enam bulan. Melalui program ini, para siswa mendapatkan pelatihan AI dengan kurikulum Intel.

Pelatihan tersebut tidak hanya memberikan para siswa keterampilan teknis, namun juga keterampilan sosial dalam berempati dan memahami akar permasalahan. 

JCI East Java mengapresiasi semua peserta program Prakarsa Muda 2021 dengan memberikan sertifikat kelulusan untuk program Prakarsa Muda 2021. 

Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan minat pembelajaran AI pada generasi muda dan mendorong pengembangan inovasi serta adopsi AI oleh masyarakat dan pemerintah agar nantinya dapat dimanfaatkan untuk membenahi permasalahan yang ada di Kota Surabaya.

Program ini resmi kita kick-off pada bulan Mei 2021 ditandai dengan dibukanya pendaftaran peserta. Target peserta untuk kota Surabaya adalah 100 siswa dan JCI East Java dapat memenuhi target tersebut bahkan mengirimkan 105 siswa dari 16 sekolah sebagai delegasi Surabaya untuk mengikuti kegiatan ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.