Sukses

Banyuwangi Jadi Tuan Rumah World Surf League Championship Tour 2022

Ipuk menyambut dengan antusias kejuaraan selancar dunia yang akan digelar di Banyuwangi karena World Surf League (WSL) Championship Tour itu sebagai salah satu ajang internasional yang mendapatkan perhatian luas dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Banyuwangi - World Surf League Championship Tour 2022 bakal digelar di Pantai G-Land, Banyuwangi Jawa Timur pada sekitar Mei-Juni. Ajang selancar paling bergengsi di dunia itu disebut menjadi instrumen pemulihan ekomoni kabupaten paling timur Pulau Jawa itu.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat rapat persiapan World Surf League (WSL) Championship Tour di Banyuwangi, Selasa (7/12/2021) mengatakan Banyuwangi siap menjadi tuan rumah.

"Ini akan menjadi salah satu instrumen pemulihan ekonomi, milestone untuk bangkitnya pariwisata. Banyuwangi siap menjadi tuan rumah," ujarnya, dilansir dari Antara.

Ipuk menyambut dengan antusias kejuaraan selancar dunia yang akan digelar di Banyuwangi karena World Surf League (WSL) Championship Tour itu sebagai salah satu ajang internasional yang mendapatkan perhatian luas dari seluruh dunia.

"Ini tentu akan menjadi momentum penting bagi dunia pariwisata nasional, khususnya Banyuwangi," katanya.

Hadir dalam rapat persiapan World Surf League (WSL) Championship Tour, yakni Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves Kosmas Harefa yang diikuti oleh lintas kementerian dan lembaga serta pihak terkait. Ada pula perwakilan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI, dan planning events international WSL Tim Hain.

World Surf League (WSL) Championship Tour merupakan ajang yang memiliki peminat yang sangat tinggi.

"Engagement sosial medianya nomor tiga setelah NBA dan NFL, masih di atas MotoGP yang ranking sembilan. Ini akan menjadi sarana promosi yang tinggi bagi tempat penyelenggaranya," kata perwakilan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Anggi Yuhista.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lonjakan Kunjungan Wisata

Begitu pula dengan kunjungan wisata dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya. Menurut hasil riset PSOI terhadap penyelenggaraan WSL Championship di beberapa tahun sebelumnya, ada lonjakan kunjungan wisatawan pada tempat-tempat penyelenggaraan tersebut.

"Dari riset yang kami lakukan, di tempat yang menjadi tuan rumah WSL Championship Tour ini, setiap tahunnya terjadi lonjakan konstan kunjungan wisatawan antara 80 sampai 90 persen. Rata-rata lama menginap mereka sampai sembilan hari dan membelanjakan uang sebesar 777 dolar AS setiap orangnya," kata Anggi.

Selama pandemi ini, lanjut Anggi, di Indonesia memang terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan dari kalangan peselancar.

Pada 2020, hanya ada 233 ribu wisatawan, turun sampai 84,26 persen dibanding jumlah kunjungan wisatawan peselancar di tahun sebelumnya. Dari penurunan tersebut, diperkirakan ada 973 juta dolar AS potensi ekonomi yang hangus.

"Pandemi dalam satu tahun terakhir memang cukup membuat kunjungan wisatawan dari kalangan peselancar menurun drastis. Namun, kami yakin, dengan kembali digelarnya WSL Championship Tour tahun depan di Banyuwangi akan kembali mengerek kunjungan wisata sekaligus menaikkan perputaran ekonomi," ujarnya.

Banyuwangi telah disiapkan menjadi tuan rumah WSL pada tahun 2020. Abdullah Azwar Anas yang menjabat Bupati Banyuwangi pada tahun 2019 telah bertemu dengan perwakilan WSL membahas segala persiapan WSL.

Namun, kejuaraan tersebut gagal dihelat karena situasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves Kosmas Harefa menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi instensif untuk menyukseskan agenda tersebut.

"Kita terus matangkan persiapannya. Kami minta semua pihak terkait bergerak cepat menyiapkan berbagai kebutuhan sesuai dengan regulasi yang ada," katanya.

Menurut Kosmas, tren pariwisata ke depan telah berubah, dari yang crowd tourism menuju pariwisata yang berkualitas. Kita mendukung setiap kegiatan yang mengarah pada wisata friendly, green dan eco tourism, termasuk sport tourism kejuaraan selancar ini.

"Saat ini kita tidak berpegang pada kuantitas tapi pariwisata yang berkualitas. Para penggemar olahraga surfing ini sangat dikenal sebagai wisatawan yang spending dan length of stay-nya tinggi. Maka sport tourism seperti surfing ini kita dorong penuh. Apalagi daerah penyelenggaranya juga memiliki komitmen yang tinggi pula seperti Banyuwangi ini. Akan kita dukung penuh karena manfaatnya," katanya.

 

3 dari 3 halaman

28 Mei 2022

Selain pihak WSL dan PSOI, Kemenkomarvest juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga negara terkait. Mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian PUPR, Keimigrasian dan lain sebagainya.

"Kami target paling lambat akhir April 2022 semua beres," kata Kosmas.

WSL Championship rencananya digelar pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022 di Pantai Plengkung atau yang biasa dikenal dengan G-Land. Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo itu telah dikenal cukup lama di kalangan peselancar. Bahkan, pada dekade 80-an ditetapkan sebagai salah satu dari 10 pantai yang memiliki ombak terbaik bagi olahraga selancar di seluruh dunia.

Menurut Ketua Umum PSOI Arya Sena Subyakto, rekor ombak G-Land dalam menghadirkan angka sempurna bagi para peselancar masih belum dipecahkan di tempat lain.

"Antara tahun 1995-1996 pernah digelar kejuaraan selancar di G-Land yang berhasil menghadirkan 10 kali angka sempurna dalam satu kejuaraan karena tak lepas dari faktor ombak di G Land. Sampai saat ini rekor tersebut masih belum ada yang menandingi. Bahkan di Pantai Hawai sekalipun," ujarnya.

Daya jual ini dipercaya bisa menjadi magnet bagi para peselancar di seluruh dunia untuk hadir di Banyuwangi.

"Sudah tentu ini akan menjadi daya tarik bagi para peselancar seluruh dunia untuk menjajal keistimewaan ombak G-Land Banyuwangi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.