Sukses

Disabilitas Gresik Kirim Surat Terbuka ke Risma yang Paksa Anak Tuli Bicara

Mensos Tri Rismaharini yang memaksa anak tuli untuk berbicara saat pembukaan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Gedung Kemensos pada Rabu 1 Desember 2021.

Liputan6.com, Gresik - Aktivis disabilitas asal Gresik Aisyah Greisseeta Az-Zahra melayangkan surat terbuka kepada Mensos Tri Rismaharini atau Risma yang memaksa anak tuli untuk berbicara saat pembukaan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Gedung Kemensos pada Rabu 1 Desember 2021.

Saat itu Risma mengajak dialog seorang anak rungu wicara bernama Aldi berbicara.

Aksi Mantan Wali Kota Surabaya tersebut membuat kecewa Aisyah. Dia pun menulis surat tersebut untuk Risma.

Berikut surat Aisyah sepert dikutip dari TimesIndonesia, Senin (6/12/2021): 

Assalamu'alaikum Wr. Wb Nama saya Aisyah Grisseeta Az-Zahra, orang-orang biasa memanggil Aisyah. 

Saya terlahir Tuli sebagai cara Allah menguji coba orang tua yang melahirkan saya. 

Saya bersyukur sekali bisa mengenal dunia Tuli dengan Bahasa Isyarat 

Saya membuktikan bahwa  bisa tahu melukis doodle art profesional, video puisi tentang bahasa isyarat, dll. Sehingga saya meraih prestasi banyak hingga nasional. Aisyah menjadi dapat mengembangkan lebih kemampuan bersama teman-teman Tuli. 

Bagaimana cara komunikasi? Alhamdulillah sejauh ini saya selalu menggunakan bahasa isyarat, menulis di buku tulis atau kertas dan HP jika saya tidak bicara pakai suara. Alasan mereka pasti susah memahami apa yang saya dikatakan lebih baik bergerak apa yang saya maksud untuk sampaikan yang ada. 

Jujur ya, saya kaget mendapat berita sangat  tentang Ibu Risma yang memaksa teman Tuli harus berbicara pakai suara ????????????????????????.

Orang tua Aisyah sudah berusaha keras terapi bicara sejak kecil tapi aisyah belum bisa. Tuli aisyah kanan 120 db dan kiri 110 db. 

Selalu ada Audisme di kita, saya tidak akan diam! Perjuangan teman-teman Tuli termasuk saya agar kebutuhan Tuli harus dapat!!! 

Semoga kalian tetap semangat perjuangan untuk kaum Tuli 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Mari kita SETARA Semuanya!!!!! 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Risma

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengklarifikasi tindakannya yang telah memaksa Aldi, seorang penyandang disabilitas tunarungu wicara untuk berbicara. Hal itu dilakukan Risma dalam sebuah acara di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Rabu (01/12/21).

Dalam klarifikasinya, Risma mengatakan ia melakukan hal itu secara tidak langsung karena pernah mendengar cerita seseorang yang juga menyandang disabilitas.

 Ia bercerita, seseorang tersebut tidak dapat berteriak saat mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini