Sukses

Pesepak Bola Terbaik Surabaya Bakal Terbang ke Inggris, Latihan Bareng Tranmere FC

Dia juga mengaku senang ketika mendengar bahwa program kerja sama di bidang sepak bola antara Surabaya - Liverpool yang dimulai pada 2018, akan berlanjut hingga tahun depan.

Liputan6.com, Surabaya - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Owen Jenkins mengungkapkan, para pemain sepak bola terbaik Surabaya akan berangkat ke Inggris dan berlatih bersama Tranmere Rovers FC.

Dia juga mengaku senang ketika mendengar bahwa program kerja sama di bidang sepak bola antara Surabaya - Liverpool yang dimulai pada 2018, akan berlanjut hingga tahun depan.

"Ini adalah kesempatan besar bagi pemain muda untuk melihat cara kerja klub sepak bola profesional Inggris, mempelajari budaya sepak bola Inggris dan membawa ketrampilan dan berbagi pengalaman baru saat kembali ke Indonesia," ujarnya di Surabaya, Rabu (1/12/2021).

Selain program garuda select yang juga dilakukan di Inggris, Owen Jenkins menyatakan, melalui program kerjasama pengembangan sepak bola di Surabaya ini, diharapkan dapat meningkatkan prestasi tim nasional (Timnas) Indonesia.

"Kami berharap upaya ini akan meningkatkan prestasi Tim Nasional Indonesia, dan kami ingin melihat Indonesia berpartisipasi di piala dunia. Tentunya, saya akan memberi semangat untuk pemain sepak bola Indonesia yang mudah-mudahan bisa bergabung dan bermain untuk tim saya, yaitu Arsenal," kata dia.

Menurut dia, sepak bola adalah olahraga yang dicintai oleh miliaran orang di seluruh dunia. Bahkan, sepak bola bisa menyatukan dunia. Selain baik untuk kesehatan fisik dan mental, sepak bola mengajarkan anak-anak dan remaja tentang sikap disiplin, saling menghargai, kepemimpinan, dan pentingnya bekerjasama dalam sebuah tim.

"Ini semua adalah keterampilan hidup yang penting untuk generasi berikutnya. Karena saya juga bisa melihat perkembangan masa depan Surabaya yang tercermin dari warganya," lanjut dia.

Apalagi, kata dia, Kota Surabaya bakal menjadi tuan rumah piala dunia U-20 pada tahun 2023 mendatang. Baginya, hal ini tentu menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi Kota Surabaya. Karenanya, pihaknya pun siap mendukung Kota Pahlawan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan piala dunia tersebut.

"Kami di Inggris ingin mendukung anda (Surabaya) menjadi tuan rumah dari acara global yang bergengsi ini. Surabaya dan Liverpool adalah mitra yang sama hebatnya. Program sepak bola yang kita lihat hari ini, adalah salah satu dari banyak proyek yang telah membuahkan hasil karena nota kesepahaman yang ditandatangani pada tahun 2018," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Pemuda

Walaupun begitu, Owen Jenkins menerangkan, jika sepak bola bukan satu-satunya bentuk kerjasama sister city Surabaya-Liverpool. Sebab, sekarang ini, Surabaya-Liverpool juga bekerjasama dalam ilmu olahraga dan pengembangan pemuda.

"Inggris adalah salah satu pembimbing global dalam ilmu olahraga, dan Surabaya sekarang bekerjasama dengan Liverpool Dortmund University. Salah satu dari 10 universitas terbaik dunia dalam hal ilmu olahraga," ujar dia.

Pihaknya berharap, baik kepada anak-anak maupun para pelatih yang mengikuti program tersebut, memiliki tekad dan komitmen yang kuat dalam upaya mengembangkan sepak bola di Kota Surabaya.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan pelatih. Tanpa semangat dan komitmen anda, program yang kita jalankan bersama tidak akan terwujud. Maju terus Inggris dan Indonesia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.