Sukses

Khofifah: Guru Jangan Malas Upgrade Diri

Menurut dia, pandemi Covid-19 menuntut guru untuk keluar dari kebiasaan-kebiasaan lama yang seringkali cenderung text book.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau para guru memanfaatkan ruang digital dalam mendidik sekaligus menambah kemampuan dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Khofifah menyebut peran guru sangat krusial, karena tak sekadar mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral sekaligus sebagai filter terhadap derasnya arus perkembangan teknologi yang semakin maju.

"Yang dihadapi saat ini adalah generasi alfa atau mereka yang sejak lahir sudah hidup di dunia dengan perkembangan pesat teknologi, bahkan sejak masih dalam kandungan," ujarnya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (25/11/2021), dikutip dari Antara.

Menurut dia, pandemi Covid-19 menuntut guru untuk keluar dari kebiasaan-kebiasaan lama yang seringkali cenderung text book.

Selain itu, selama pandemi guru juga dituntut menyiapkan materi pelajaran secara menarik agar mudah dicerna serta dikuasai murid.

"Guru juga harus mampu terus menjalin komunikasi secara virtual guna membangun kedekatan emosi dengan murid," ucapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimistis

Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan berkomitmen terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas serta kompetensi guru agar tidak gagap teknologi.

"Saya mohon jangan malas untuk upgrade diri. Ini pekerjaan rumah yang tidak bisa dianggap sepele," kata mantan menteri sosial tersebut.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengajak para guru menebarkan semangat optimisme kebangkitan sekaligus menjadi garda terdepan dalam mengejar ketertinggalan selama pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.