Sukses

Fenomena Ombak Terhisap di Pantai Jonggring Saloko Malang

Tidak terlalu jauh dari Kota Malang, sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 63 km sudah bisa menikmati pantai ini. Lokasinya berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur.

Liputan6.com, Malang Tempat-tempat wisata di Malang, Jawa Timur bisa menjadi alternatif liburan kamu. Kota Apel ini terkenal dengan udara sejuk lantaran berada di dataran tinggi. Namun, bila bertandang ke selatan Malang, maka keindahan pantainya akan segera memanjakan kamu.

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa memanjakan para wisatawan saat bertandang ke Malang. Pantai juga bisa menjadi alternatif bila kamu bosan dengan wisata di Malang yang didominasi keindahan alam seperti air terjun. Ingat, Malang bukan hanya Coban Rondo, Jatim Park dan kebun apel.

Malang juga punya wisata pantai yang siap bikin kamu santai menikmati debur ombak laut selatan. Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Jonggring Saloko. Meskipun namanya belum terlalu populer, tapi pantai satu ini tak kalah indahnya dengan Bali. Kamu akan melihat pesona alam yang tak membosankan saat liburan ke pantai ini.

Tidak terlalu jauh dari Kota Malang, sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 63 km sudah bisa menikmati pantai ini. Lokasinya berada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur.

Jalan berbatu dan terjal tidak menjadi alasan untuk sekadar liburan ke pantai ini. Perjuangan dalam perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangannya.

Di sekitar pantai ada sungai yang mengalir langsung ke laut. Penduduk lokal menyebutnya Gondang Towo. Airnya jernih dan benih membuat sungai ini sering dijadikan tempat mandi. Kamu juga bisa meminumnya langsung dari sungai ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ombak Terhisap

Pantai yang namanya diambil dari cerita pewayangan ini memiliki ciri khas yang berbeda. Yakni ombak pantai selatan yang sangat besar dan pasir pantai berwarna coklat bersih. Fenomena langka yang hanya ada di pantai ini dikenal dengan nama Watu Ngebros, kumpulan batu karang menjulang di bibir pantai dan keluar semburan air ke udara.

Selain itu, fenomena alam lain yang hanya ditemukan di Pantai Jonggring Saloko adalah Cob Belut. Ombak datang lalu terhisap dalam sebuah lubang. Ketika ombak surut dari lubang, kemudian akan memuntahkan kembali air yang terhisap ke atas hingga ke air laut. Kamu bisa melihat fenomena ini dari ketinggian.

Berbeda dengan pantai lain, di Pantai Jonggring Saloko dilarang untuk berenang, salah satu alasannya karena ombak di pantai ini cukup besar. Kendati demikian, kamu tetap bisa menikmati liburan di pantai ini dengan aktivitas-aktivitas lain yang tak kalah seru.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini di antaranya mancing, camping, memasang hammock, hingga berfoto ria. Lepaskan saja segala masalah yang sedang menerpa hidupmu saat di pantai ini. Nikmati keindahannya, jangan sampai liburanmu sia-sia karena tidak menikmatinya.

 

Penulis: Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.